Cara Menjadi Reseller Hosting dan Domain

Batjokes.com – Cara menjadi reseller hosting dan domain. Di masa sekarang kebutuhan akan wabsite dan blog sangatlah tinggi, bahkan jumlahnya terus bertambah setiap hari.

Tidak heran jika penjualan hosting dan domain terus meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini pun menjadi kesempatan bagi banyak orang untuk melakukan afiliasi menjual produk tersebut secara reseller.

Tentu saja ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan ketika kita menjadi reseller. Terutama karena kita tidak perlu menyediakan layanan atau platform jual beli hosting serta domain secara langsung.

Kita juga tidak perlu mengurus legalitas hukum jual belinya, cukup menjadi pebisnis perorangan saja.Tapi tetap, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika ingin sukses dalam bisnis ini.

Baca: Cara Menjadi Reseller Bolu Susu Lembang

Pengertian Reseller Hosting dan Domain

Reseller hosting dan domain ialah pihak yang memperjualbelikan kembali produk hosting dan domain dari tangan pertama kepada konsumen. Reseller biasanya mendapatkan harga lebih murah.

Sehingga, dia bisa menjual kembali produk hosting dan domain tersebut kepada konsumen dengan harga yang wajar. Maksud wajar di sini adalah harga hosting domainnya tidak merusak harga pasar.

Artinya, produk hosting dan domain yang dipasarkan tersebut tidak melebihi atau kurang dari harga pasaran yang ada. Makin banyak hosting dan domain dijual, makin besar keuntungan yang didapat reseller.

Tips Cara Menjadi Reseller Hosting dan Domain Sukses

Kita bisa langsung menyimak bersama cara menjadi reseller hosting dan domain di bawah ini. Ulasan lengkap mengenai cara menjadi dan tips sukses reseller hosting dan domain berikut sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Membuat Website Sederhana

Cara menjadi reseller hosting dan domain bisa dimulai dengan membuat website sederhana terlebih dahulu. Hosting adalah server dimana Anda bisa meletakkan segala sesuatu yang berhubungan dengan website Anda masing-masing.

Mulai dari gambar, foto produk, ilustrasi, video hingga tulisan. Keberadaan mainframe dapat menggantikan komputer standar, sehingga tidak perlu memiliki komputer sendiri, dan tidak perlu online 24 jam sehari untuk mengelolanya.

Namun, sebelum Anda dapat memiliki host dan menjalankan bisnis reseller web hosting, Anda harus terlebih dahulu membuat website sebagai media promosi untuk menarik konsumen. Hal ini pun menjadi sangat penting dilakukan.

2. Siapkan Dana Pembelian

Meskipun tidak memerlukan banyak modal atau biaya, pada tahap awal Anda ingin menjalankan bisnis reseller hosting, Anda masih perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk investasi atau saldo pembelian untuk membayar pesanan konsumen.

Saat pertama kali menjalankan bisnis sebagai reseller hosting dan domain, Anda harus menyiapkan modal ini. Tujuan dari persiapan ini tidak lain adalah untuk membeli hosting dan mempromosikannya di media periklanan Anda.

Namun, ketika Anda mendapatkan klien nantinya, keuntungan yang Anda dapatkan pasti akan lebih besar dari modal awal yang Anda keluarkan. Jika pelanggan senang maka mereka juga dapat menggunakan kembali layanan dan keuntungan akan berlipat ganda.

3. Pilih Reseller Terpercaya

Untuk mendapatkan hasil yang jelas dan menjalankan bisnis Anda dengan lancar, Anda juga harus mencari perusahaan hosting reseller yang memiliki reputasi baik dan dapat diandalkan. Bisa dari Indonesia ataupun dari luar negeri.

Ketika Anda mengetahui bahwa reseller hosting dan domain ditawarkan dengan harga yang murah, sebaiknya Anda juga tidak langsung mempercayainya dan mengecek terlebih dahulu untuk menghindari penipuan atau scam di kemudian hari.

Secara umum, ada tiga hal yang perlu Anda pelajari dari penyedia hosting dan domain sebagai reseller. Pertama tentu saja kualitas pelayanan, entah itu baik, cukup baik atau standar tapi jangan pilih yang berkualitas rendahan.

4. Pelajari Cara Hosting

Tentu saja sebagai penjual hosting dan domain, Anda perlu mempelajari cara kerja dari produk digital tersebut. Setelah membeli hosting, langkah selanjutnya adalah Anda perlu mempelajari cara menggunakan hosting tersebut.

Setelah Anda mahir dan memiliki teknologi hosting yang tepat, Anda siap untuk memulai bisnis Anda. Jika Anda mahir, calon pengguna jasa juga akan lebih mempercayai Anda.

Anda bisa belajar secara otodidak untuk mempelajarinya karena tutorial tersebut bisa ditemukan dengan mudah di YouTube ataupun blog orang lain. Silahkan pelajari dasar-dasarnya terlebih dahulu supaya bisa menjadi lebih paham.

5. Promosi Branding

Tips lainnya supaya cara menjadi reseller hosting dan domain berikutnya ialah mempromosikan bisnis secara konsisten. Branding dan promosi juga merupakan hal terpenting untuk menjaga kelangsungan bisnis reseller web hosting Anda.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan promosi adalah dengan memasang logo Anda di halaman dashboard pelanggan Anda. Anda juga bisa memasarkan produk reseller hosting dan domain secara online di media sosial.

Ini adalah beberapa tips sederhana yang Anda perlukan untuk memulai bisnis reseller hosting Indonesia. Dengan menerapkan tips di atas, Anda dapat dengan mudah memulai bisnis reseller hosting agar ke depannya bisa sukses.

Kesimpulan

Itulah cara menjadi reseller hosting dan domain sukses. Semoga ulasan yang kami sampaikan bisa bermanfaat kepada Anda yang ingin berbisnis di bidang jual beli hosting dan domain di Indonesia.