Cara Menjadi Agen Bus Pariwisata

Batjokes.com – Cara menjadi agen bus pariwisata. Menjalankan bisnis di bidang pariwisata memang sangat menguntungkan, hal itu didukung dengan keinginan berlibur masyarakat Indonesia yang begitu kuat.

Tourism atau pariwisata adalah perjalanan untuk hiburan atau rekreasi, dan juga merupakan persiapan untuk kegiatan ini.
Pengertian pariwisata adalah perjalanan yang berulang atau bergulir.

Baik terencana maupun tidak terencana dapat membawa pengalaman yang komprehensif bagi pelakunya. Tujuannya adalah untuk berbahagia, mencari kepuasan, memahami sesuatu, meningkatkan kesehatan, dan lainnya.

Salah satu jenis bisnis di bidang pariwisata adalah menjadi agen bus. Apakah Anda juga tertarik menjadi agen bus pariwisata? Bila iya, perlu menyimak beberapa tips dan panduan di bawah ini.

Apa Itu Agen Bus Pariwisata

Agen bus pariwisata adalah pihak yang berperan menjual tiket atau paket perjalanan wisata menggunakan bus. Agen akan memperoleh komisi dari bagi hasil dengan pemilik bisnis bus pariwisata.

Bus wisata adalah jenis layanan bus yang dapat membawa wisatawan berkeliling dan rute mengelilingi tempat wisata. Secara umum pengertian bus wisata juga lebih luas, yaitu bus yang digunakan untuk tujuan wisata adalah angkutan umum yang tidak berada pada trayek.

Untuk bus berukuran sedang, jumlah kursi yang biasa digunakan berkisar antara 25 hingga 31 kursi. Bahkan di beberapa persewaan bus wisata lainnya jumlahnya bisa mencapai 39 tempat duduk. Sedangkan untuk bus besar, jumlah kursi bervariasi dari 40 hingga 59 kursi.

Cara Menjadi Agen Bus Pariwisata Khusus Pemula

Ini dia panduan cara menjadi agen bus pariwisata yang sebenarnya hampir mirip dengan cara menjadi agen beras Bulog. Simak langsung panduannya yang bisa disimak di bawah berikut ini.

1. Kunjungi PO Bus Pariwisata

Cara pertama adalah mendaftar. Untuk pendaftaran ini, calon pendaftar dapat melakukan pendaftaran melalui laman resmi calon PO. Selain itu, calon pendaftar juga bisa mendatangi kantor resmi PO.

Nantinya, calon pendaftar dapat mengajukan pertanyaan lebih lanjut terkait proses pendaftaran. Tentu saja, setiap tempat memiliki aturan pendaftarannya sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya tanyakan secara detail tentang proses pendaftaran.

2. Daftarkan Diri

Jika Anda telah memperoleh informasi tentang cara mendaftar dan persyaratan yang diperlukan, silakan mulai mendaftar. Siapkan berbagai persyaratan untuk pendaftaran sebagai agen.

Jika Anda mendaftar melalui website, silahkan siapkan file-file yang perlu segera diupload. Demikian pula jika dokumen diberikan langsung di kantor pembelian yang bersangkutan. Siapkan dokumen yang diperlukan dan jangan sampai ketinggalan.

3. Lakukan Kerja Sama

Tentunya setiap agen memiliki perjanjian kerja sama dengan PO yang menjadi tujuannya. Penafsiran kerja sama tersebut biasanya dilakukan setelah pengumuman bahwa pendaftaran sudah sesuai dan calon pendaftar menjadi agen.

Tentunya dalam kerja sama, berbagai hal harus diperhatikan. Adanya perjanjian kerja sama merupakan salah satu payung hukum yang dapat memberikan keamanan baik bagi pesanan pembelian maupun keagenan.

Untuk ini, Anda harus bertanya tentang perjanjian kerja sama yang ada. Jangan lupa untuk meninjau kembali pokok-pokok perjanjian kerja sama yang ada untuk memastikan tidak ada pihak yang dirugikan dalam perjanjian tersebut.

4. Ambil Daftar Harga dan Tipe Bus

Tahap selanjutnya setelah kesepakatan tercapai adalah menyusun daftar harga dan jenis bus yang tersedia. Hal ini tentu saja disediakan oleh PO. Jika tidak ada daftar harga dan jenisnya, sebaiknya Anda menanyakan lebih lanjut mengenai harga sewa bus wisata untuk masing-masing armada.

Jangan lupa untuk menentukan jumlah maksimal armada yang bisa disewa. Selain itu, Anda perlu menanyakan informasi rinci tentang bus, seperti fasilitas, jumlah maksimum penumpang, dan status armada.

Hal ini untuk memudahkan saat calon penyewa mengajukan pertanyaan kepada Anda sebagai agen bus pariwisata. Namun, tentunya sebagai agen Anda juga perlu berkoordinasi dengan PO bus pariwisata sebelum leasing.

5. Promosi

Cara menjadi agen bus wisata sudah dalam tahap akhir. Pada tahap akhir ini, agen dapat mulai memasarkan bus wisata. Jangan lupa untuk menyiapkan “model” penawaran yang menarik agar banyak orang yang tertarik menggunakan layanan bus wisata ini.

Promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara, namun yang pertama diutamakan adalah dari mulut ke mulut. Setelah memiliki modal berlebih, Anda bisa menggunakan promosi media sosial seperti Instagram, Facebook, dan lainnya.

Akhir Kata

Sampai di sini terlebih dahulu penjelasan dari kami mengenai cara menjadi agen bus pariwisata terbaru. Semoga dengan adanya artikel pembahasan di atas bisa membuat kita jadi siap menjalankan bisnis bus pariwisata.