Cara Menjadi Reseller di Amazon

Batjokes.com – Cara menjadi reseller di Amazon. Banyak sekali bisnis atau pekerjaan yang bisa dijalani dengan memanfaatkan platform Amazon, termasuk menjadi seorang reseller.

Amazon.com adalah perusahaan perdagangan multinasional berbasis elektronik dan toko online terbesar di dunia yang menawarkan berbagai macam produk termasuk buku, elektronik, peralatan rumah tangga, game, gadget, dan banyak lagi.

Jeff Bezos mendirikan Amazon pada 5 Juli 1994, di garasinya di Bellevue, Washington. Ini dimulai sebagai pasar buku online dan sejak itu berkembang untuk menjual elektronik, perangkat lunak, video game, pakaian, furnitur, makanan, mainan, dan perhiasan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat kita ingin mulai menjalani bisnis sebagai reseller di Amazon. Silahkan simak pembahasan dan penjelasan lengkapnya di bawah berikut ini.

Baca: Cara Menjadi Reseller Deenay

Apa Itu Reseller di Amazon?

Pengecer e-commerce Amazon melakukan pekerjaan dengan membeli produk di e-commerce Amazon dan kemudian mempromosikannya ke konsumen lokal. Biasanya ini dilakukan oleh orang yang ingin membeli di e-commerce Amazon tetapi tidak memiliki metode pembayaran yang sesuai.

e-commerce Amazon adalah perusahaan layanan e-commerce yang berbasis di China dengan pelanggan dari sekitar 200 negara di seluruh dunia. e-commerce Amazon memang menjadi pilihan banyak orang untuk membeli apa yang mereka inginkan di luar negeri.

e-commerce Amazon adalah platform yang aman. e-commerce Amazon adalah pasar terbesar di dunia. Cocok untuk yang mau beli dari China. e-commerce Amazon adalah platform belanja tepercaya dan aman.

Cara dan Tips Menjadi Reseller di Amazon

Tanpa bicara ini itu lagi, langsung saja mari kita simak pembahasan lengkapnya pada ulasan di bawah ini. Berikut beberapa cara dan tips menjadi reseller di Amazon secara lengkap.

1. Buat Akun Reseller

Cara pertama menjadi reseller untuk menjual di Amazon, yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat akun penjual. Caranya yang harus Anda lakukan adalah pilih kata “akun Anda” yang bisa Anda temukan di beranda Amazon.

Menu ini terletak di bawah nama Anda di sudut kanan atas beranda Amazon. Ini juga menjadi langkah awal yang akan memulai petualangan bisnis Anda di situs Amazon toko online shop terbesar yang ada di dunia dan Amerika Serikat.

2. Pilih Akun Penjual Anda

Anda dapat menemukan kata-kata “Akun Penjual Anda” di sudut kanan atas dekat menu utama di beranda Amazon. Langkah ini sangat mudah dilakukan dan apabila sudah dikerjakan, silahkan ikuti langkah berikutnya di bawah.

3. Pilih Start Selling

Dengan mengikuti langkah ini, Anda akan dibawa ke halaman baru di mana Anda dapat memilih jenis barang yang ingin Anda jual. Anda dapat memilih antara 2 opsi antara “Penjual Individu” atau “Penjual Profesional”.

Biaya penjualan (biaya iklan) umumnya dibebaskan untuk penjual individu, tetapi Amazon masih membebankan komisi. Sedangkan penjual profesional biasanya digunakan oleh orang-orang yang sudah memiliki toko sendiri dan memiliki banyak tim.

4. Lengkapi Informasi Diri

Pada halaman berikutnya, Anda akan diminta untuk menuliskan informasi tentang diri Anda seperti informasi kartu kredit, nama dan alamat pembayaran. Lengkapi kolom-kolom tersebut dan isilah dengan hati-hati agar tidak terjadi kesalahan.

5. Verifikasi Telepon

Isikan nomor telepon Anda pada kolom yang tersedia, lalu pilih kata “Call Now” dan isikan 4 digit PIN yang Anda dapatkan saat menerima panggilan otomatis (call verification) dari Amazon. Kemudian pilih “Daftar dan Lanjutkan”.

6. Cantumkan Produk ke Amazon

Langkah selanjutnya cara menjadi reseller Amazon adalah jika Anda belum memiliki akun Amazon, Anda dapat membuatnya di halaman login. Sertakan email dan kata sandi yang valid untuk akun Amazon Anda, lalu pilih Kirim.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menuliskan nama, email, dan kata sandi untuk akun Anda. Silahkan lengkapi saja informasi produk reseller yang akan Anda jual pada platform Amazon secara lengkap sehingga tidak terjadi kesalahan.

7. Cari Produk di Amazon

Selanjutnya, cari Amazon untuk kategori produk yang cocok dengan produk yang ingin Anda jual. Caranya adalah dengan menggunakan kata kunci yang sesuai, seperti nama produk, judul buku atau film, atau bisa juga versi itemnya.

Atau, Anda dapat mencari produk dengan ISBN, UPC atau ASIN. Anda tahu, Amazon juga menyediakan daftar barang yang mereka jual, jadi jika barang yang Anda jual memiliki kesamaan, Anda dapat memilih langsung dari daftar tersebut.

Selanjutnya silahkan pilih tulisan “Sell yours here” setelah anda menemukan item tersebut. Di sini poin pentingnya, Anda harus menentukan mau menjual produk apa, silahkan pilih yang sedang laris manis di pasaran.

8. Tentukan Kondisi Produk

Anda bisa menentukan kondisi produk yang Anda jual. Anda dapat memilih metode di kolom yang tersedia. Ada banyak pilihan kondisi barang yang bisa Anda pilih, seperti:

  • baru
  • bekas – pokoknya seperti baru
  • bekas – sangat bagus
  • tangan kedua
  • bekas – dapat diterima.

Langkah berikutnya yang harus dilakukan jangan lupa untuk menambahkan catatan tambahan tentang kondisi produk yang Anda jual. Tujuannya agar Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang produk yang Anda jual di Amazon.

Misalnya, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut:

  • tidak ada kotak, hanya kartrid (tidak ada kotak/kotak, hanya produk)
  • tidak termasuk instruksi
  • sedikit goresan di cover depan dan disc
  • pengiriman kelas satu (pengiriman tepercaya)
  • dll.

9. Tentukan Harga Produk

Harap tetapkan harga produk reseller Amazon Anda sendiri untuk barang yang Anda jual di Amazon. Pertimbangkan harga modal untuk membeli/memproduksi barang, biaya yang Anda keluarkan, dan margin keuntungan yang Anda inginkan.

Untuk menjual dengan cepat, usahakan agar harga produk sedikit lebih rendah dari harga yang diiklankan oleh pesaing. Semakin murah harganya (untuk produk yang sama), semakin cepat terjual.

10. Tentukan Jumlah Produk

Jangan lupa sertakan kuantitas (quantity) produk yang ingin Anda jual di Amazon. Sesuaikan berdasarkan persediaan aktual di gudang Anda. Selanjutnya, pilih metode pengiriman yang Anda inginkan.

Karena Anda menjual di Amazon.com, cobalah mengirim ke bagian dunia atau negara mana pun. Jika Anda adalah penjual perorangan, sebaiknya Anda hanya menerima pengiriman domestik agar tidak kewalahan.

Selanjutnya, pilih kata “Submit a Listing” dan produk Anda untuk dijual akan langsung muncul di halaman penjualan Amazon.com. Jadi, Anda sekarang sudah siap menjadi reseller serta mendapatkan keuntungan di Amazon.

Akhir Kata

Penjelasan lengkap soal cara daftar menjadi reseller amazon terbaru sudah kami uraikan. Mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi pelajaran bagi Anda yang ingin jadi reseller di Amazon terbaru.