Cara Menjadi Agen Telur Ayam

Batjokes.com – Cara menjadi agen telur ayam. Setiap ibu rumah tangga pasti selalu sedia stok telur ayam di dalam rumah, karena ini bisa jadi bahan makanan praktis yang dapat digunakan untuk membuat apa saja.

Mulai dari digoreng langsung jadi telur mata sapi, telur dadar, dibuat jadi telur mie, adonan roti, nasi goreng, dan lain sebagainya. Maka jangan heran bila permintaan akan telur ayam teruslah tinggi.

Tentu saja ini juga menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Apabila Anda bekerja jadi agen telur, maka Anda bida mendapatkan komisi atau penghasilan yang tidak sedikit jumlahnya.

Apalagi tips dan cara menjadi agen telur ayam juga tidak terlalu sulit memulainya. Para pemula pun bisa dengan mudah menjalankan bisnis ini dengan modal kecil untuk mendapatkan keuntungan besar.

Pengertian Agen Telur Ayam

Secara umum, agen telur ayam dapat didefinisikan sebagai pihak yang bekerja sama dengan peternak ayam untuk menjual telur ke penjual atau langsung ke pelanggan. Bisnis telur ayam ini tentu saja tidak mudah, karena agen harus memiliki kontak dengan produsen.

Sebagai langkah awal bagaimana cara menjadi agen telur ayam, agen bisnis atau penjual telur harus bisa menentukan jenis telur ayam yang akan dijual. Ada telur ayam kampung, ayam kampung, dan masih banyak jenis lainnya.

🔥 Trending:   Cara Menjadi Agen Tiket Bus

Pada saat yang sama, ketika Anda nantinya memilih untuk menjadi penjual sembako, warung kecil, dan toko kelontong (termasuk menjual telur ayam), Anda harus mendapatkan persediaan dari agen. Pemilihan agen telur ayam tidak boleh sembarangan.

Tips dan Cara Menjadi Agen Telur Ayam

Tidak sesulit cara menjadi agen Inoac, bila Anda ingin jadi agen telur ayam cukup ikuti panduan tips di bawah ini. Berikut ulasannya seperti yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Tentukan Jenis Telur

Ketika Anda ingin terjun ke dunia bisnis berjualan telur ayam, sebaiknya cari tahu dulu jenis telur ayam apa yang paling dibutuhkan di wilayah penjualan Anda. Telur yang dimaksud di sini adalah telur ayam kampung atau telur ayam kampung.

Sejujurnya, telur ayam kampung pasti akan disukai konsumen, karenarasanya lebih enak. Hanya saja harganya yang cukup mahal dan sulit didapatkan dalam jumlah banyak, tentu tidak tepat menggunakan telur ayam kampung sebagai nilai jual utama.

2. Cari Agen Pemasok

Setelah menentukan jenis telur ayam yang akan dijual, langkah selanjutnya adalah mencari agen untuk memasok telur ayam ke bisnis Anda. Untuk langkah kedua ini, silahkan coba cari agen supplier telur skala besar, berpengalaman, dan harga murah.

Perhatikan juga jarak antara lokasi agen dengan tempat usaha. Jika perlu, cari agen pemasok telur ayam dpaat untuk mengantarkan telur ke lokasi penjualan Anda. Jadi Anda tidak perlu repot untuk mengambil telur ayamnya sendiri.

🔥 Trending:   Cara Menjadi Agen Paxel

3. Tentukan Cara Berjualan

Karena terlalu banyak orang yang mengelola bisnis telur ayam, Anda harus memiliki strategi pemasaran yang efektif dan berbeda. Tujuannya agar penjualan telur ayam Anda bisa laris manis dan bisa bersaing dengan para pedagang yang sudah ada sejak lama.

Bisnis Anda pasti memiliki cara dan strategi tersendiri untuk memasarkan telur ayam ke konsumen. Cara penjualan ini akan mempengaruhi pengelolaan perusahaan dan operasional bisnis telur yang Anda kelola di kemudian hari.

Dalam hal ini, telur ayam dapat dijual dengan berbagai cara. Salah satunya, jika Anda membuka toko telur ayam sendiri, usahakan untuk mencari tempat yang ramai, seperti pinggir jalan, agar pelanggan lebih banyak yang datang.

4. Pilih Lokasi Bisnis

Dalam setiap jenis bisnis, lokasi merupakan salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan, termasuk bisnis telur ayam. Usahakan untuk mencari lokasi bisnis yang letaknya strategis dan mudah dijangkau.

Pilih tempat yang dekat dengan tempat tinggal konsumen telur ayam. Misalnya di daerah dekat pemukiman, pemukiman penduduk, rumah makan, pasar, produsen kue atau jajanan rumahan, industri makanan, jalan pramutamu, dan masih banyak tempat lainnya.

5. Perhatikan Kualitas Telur Ayam

Sudah tentu kewajiban penjual untuk menyediakan telur ayam yang berkualitas tinggi. Sekalipun Anda bekerja sama dengan agen terpercaya yang menyediakan telur berkualitas, saat telur berada di posisi Anda, Anda tetap perlu memperhatikan kondisi telur ayam.

Pastikan telur ayam dalam kondisi baik, cangkang utuh, tidak terkena debu, tidak berbau, tidak ada suara saat menarik, dan tidak ada cacat. Kualitas telur ayam yang Anda jual akan sangat mempengaruhi pelanggan.

🔥 Trending:   Cara Menjadi Agen Pembayaran Listrik

6. Jaga Telur Ayam

Secara umum, telur ayam dapat disimpan hingga dua minggu. Namun jika tidak disimpan di tempat yang benar dan aman, kemungkinan kerusakan telur ayam tersebut akan lebih cepat. Oleh karena itu, masukkan telur ayam ke dalam wadah telur khusus.

Tujuannya agar telur ayam lebih tahan benturan, sehingga telur tidak rusak atau pecah. Jika ada telur ayam yang retak atau busuk, segera pisahkan dari telur lainnya agar tidak berbau busuk dan kadaluarsa.

7. Pasang Harga Kompetitif

Cara menjadi agen telur ayam yang sukses berikutnya adalah memasang harga kompetitif. Dalam dunia jual beli telur ayam atau apapun, bukan rahasia lagi jika konsumen akan memilih untuk membeli telur ayam di tempat yang paling murah namun berkualitas.

Oleh karena itu, disarankan agar Anda selalu menjaga kualitas dan menentukan harga jual telur ayam yang kompetitif. Melihat prospek bisnis telur ayam yang baik, semakin banyak orang yang menggeluti bisnis ini, dan persaingan semakin ketat.

Akhir Kata

Artikel mengenai tips cara menjadi agen telur ayam mungkin cukup sampai di sini terlebih dahulu seperti yang dijelaskan di atas.Mudah-mudahan penjelasan di atas bisa membuat Anda tahu tentang cara jadi seorang agen telur ayam.