Cara Menjadi Agen Telur

Batjokes.com – Cara menjadi agen telur. Dari dulu sampai sekarang, telur menjadi salah satu komoditi yang tak pernah hilang dari pasar karena manfaatnya yang luar biasa bagi tubuh.

Salah satunay adalah bermanfaat untuk menurunkan berat badan, menambah asupan protein, penambah energi, dan lainnya. Bahkan penelitian juga menybutkan bahwa telur bisa menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit jantung.

Bila ditanya apakah agen telur menjadi peluang usaha yang menguntungkan, maka jawabannya sangat iya. Baik itu telur asin, ayam, atau puyuh, pasti tidak akan pernah tidak lagi ketika dijual di pasaran.

Tapi untuk menjalani bisnis menjadi agen telur, mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana caranya supaya bisa meraih sukses? Dalam pertanyaan tersebut, kami memiliki jawaban berupa tips dan cara menjadi agen telur.

Pengertian Agen Telur

Agen telur secara umum dapat diartikan sebagai pihak yang bekerja sama dengan peternak ayam, bebek, atau burung puyuh untuk menjual telur kepada penjual atau langsung ke pelanggan. Bisnis ini tentu saja bukan mudah karena agen harus memiliki koneksi dengan produsen.

Sebagai langkah awal cara menjadi agen telur, maka seorang pebisnis agen atau reseller telur harus bisa menentukan jenis telur apa yang akan dijual. Apakah telur dari ayam kampung, ayam negeri, bebek, atau bahkan telur asin.

🔥 Trending:   Cara Menjadi Agen Diapers

Sementara itu ketika Anda kemudian memilih menjadi penjual toko sembako, warung kecil, kelontong, kemudian di dalamnya termasuk berjualan telur telur, maka Anda harus mendapatkan pasokan dari agen. Pemilihan agen tidak bisa dilakukan asal-asalan.

Tips dan Cara Menjadi Agen Telur

Dibanding cara menjadi agen e-Warung PKH, tips dan cara menjadi agen telur lebih mudah dilakukan siapa saja. Berikut beberapa hal yang bisa Anda ikuti untuk jadi agen telur yang sukss.

1. Menentukan Jenis Telur

Langkah dan cara pertama untuk menjadi agen telur adalah menentukan jenis telur yang akan digunakan. Apakah telur asin, ayam kampung, negeri, bebek, puyuh, dan mungkin ada inovasi baru lainnya dari Anda.

Memutuskan hal tersebut tentu saja harus dilakukan berdasarkan pada kebutuhan atau minat pasar. Jadi, melakukan riset adalah hal penting pada proses yang menjadi pondasi bisnis ini.

2. Bekerja Sama dengan Supplier

Langkah berikutnya yaitu harus bekerja sama dengan supplier. Agen telur perlu menjalin koneksi dengan supplier atau pemasok telur, dalam hal ini carilah yang terpercaya, menawarkan harga lebih rendah, atau fasilitas lain.

Seperti agen beras, tak ada salahnya pula apabila Anda memiliki lebih dari satu relasi pemasok telur. Pasalnya distribusinya bisa sangat cepat di pasaran, sehingga Anda bisa menghindari kekurangan atau kehabisan pasokan telur yang menyebabkan lost sale.

🔥 Trending:   Cara Menjadi Agen BCA Link

3. Mencari Lokasi Bisnis

Hal yang terlewarkan dalam usaha agen telur ialah menentukan lokasi bisnis penjualan. Sebetulnya bisnis ini bisa dilakukan di mana saja bahkan di rumah karena sudah didukung perkembangan teknologi.

Tapi, sebaiknya padukan juga dengan membuat lokasi bisnis offline di tempat yang strategis, mudah dijangkau, dan berpotensi tinggi. Contohnya di pasar, dekat dengan beberapa warung, komplek ruko, atau dekat pemukiman padat penduduk.

4. Tentukan Harga Jual

Dalam persoalan harga, sebenarnya agen telur tidak perlu merasa terlalu kesulitan. Pasalnya pasaran harga telur tidak jauh ebrbeda dengan tempat satu dan tempat lainnya dan bahkan sudah ditentukan HET-nya oleh pemerintah.

Namun kita bisa melakukan survey pasar supaya bisa menentukan harga kompetitif. Tips menjadi agen telur dalam hal ini adalah menghindari memasok harga terlalu tinggi karena berpotensi membuat konsumen pindah haluan.

5. Tentukan Stok Telur

Telur adalah salah satu makanan yang ketahanan secara umum adalah sampai 2 minggu. Maka dari itu kita perlu dengan cerdas menentukan forecast stok telur supaya bisa menghindari kerugian dan lost sale.

Salah satu caranya ialah menghitung pembelian pada periode sebelumnya. Selain itu kita juga bisa menyasar konsumen yang lokasinya memang tidak berjauhan dengan lokasi usaha agen telur yang dijalani.

6. Berikan Pelayanan Terbaik

Tips dan cara menjadi agen telur yang kadang dilupakan pemula adalah soal pelayanan. Anda harus memberikan kualitas telur terbaik, namun jangan lupakan pelayanan juga harus diberikan secara maksimal.

🔥 Trending:   Cara Menjadi Agen Dakota Cargo

Dengan memberi pelayanan maksimal, tentu saja kepuasan pelanggan dapat terjaga dan akan membeli telur lagi kepada Anda. Selain itu kita juga bias memberikan fasilitas lain seperti feliver atau pengantaran telur.

Akhir Kata

Cukup sekian artikel kami mengenai cara daftar menjadi agen telur terbaru yang sudah dijelaskan di atas. Semoga apa yang sudah disampaikan di atas bisa membuat kita lebih paham prosedur menjalani bisnis agen telur.