Agen Bus

Batjokes.com – Agen bus. Moda transportasi umum masih sangat digemari oleh banyak kalangan meski tingkat perekonomian masyarakat Indonesia sudah meningkat dan tergolong menengah.

Hal tersebut dibuktikan dengan masih banyaknya bus perjalanan atau travel yang mondar-mandir di jalan raya atau jalan tol. Mereka membawa penumpang yang ingin melakukan perjalanan antarkota atau antarprovinsi.

Karena alasan inilah peluang usaha menjadi agen bus masih sangat menguntungkan. Konsumen tidak perlu kita cari, mereka akan datang dengan sendirinya sehingga kita tidak perlu repot melakukan pemasaran, promosi, dan sebagainya.

Salah satu contoh agen bus yang paling banyak tersebar di Indonesia adalah agen bus Rosalia Indah. Selain itu juga ada nama beken lainnya seperti PO Sinar Jaya, Sumber Alam, Raya, Agra Mas, Putera Mulya, Haryanto, dan Harapan Jaya.

Pengertian dan Cara Kerja Agen Bus

Agen bus adalah pihak yang bekerja sama atau bermitra dengan perusahaan PO bus antarprovinsi, antarkota, dan antardaerah untuk menjual tiket perjalanan. Biasanya pada setiap wilayah, terdapat satu agen bus.

Dalam satu kantor agen bus, ada juga yang tidak hanya melayani satu jenis tiket bus saja. Melainkan mereka bekerja bermitra dengan beberapa perusahaan bus sekaligus untuk mendapatkan banyak keuntungan.

Tidak harus perseorangan, seorang agen bus juga bisa bekerja dalam bentuk badan usaha atau perusahaan. Tentu saja untuk menjadi seorang agen, haruslah memiliki kecakapan minimal bisa mengoperasikan komputer dan internet.

Keuntungan Menjadi Agen Bus

Dengan menjalani bisnis atau usaha menjadi agen bus, akan ada banyak keuntungan yang mungkin bisa Anda dapatkan. Inilah yang kerap menjadi alasan orang berbondong-bondong mendaftarkan diri menjadi seorang agen.

Keuntungan menjadi agen bus sangatlah besar meski tidak sebesar dulu. Bila dibandingkan beberapa tahun silam, ketika orang-orang masih sering hunting sesuatu langsung ke gerai fisik, kini hampir semuanya bisa dilakukan secara online.

Berkembangnya dunia digital sudah berhasil mengubah perilaku konsumen. Pada akhirnya hal ini menuntut penyedia barang atau jasa untuk berinovasi, termasuk reservasi tiket bus perjalanan atau travel.

Melihat pergeseran yang ada, pemasaran digital di bidang transportasi haruslah dilirik supaya bisa meraup keuntungan yang semakin banyak. Siap atau tidak, di masa sekarang pelanggan memberikan porsi lebih untuk layanan berbasis website dan mobile.

Faktanya memang semua kebutuhan bisa disokong dan diadopsi teknologi digital, bila tak bisa dilakukan sendiri bisa menggunakan digital marketing agency. Apalagi biaya operasionalnya juga semakin terjangkau, kemudahan yang ditawarkan inilah pada akhirnya turut diikuti oleh bidang-bidang lain.

Contohnya operator bus, sudah banyak yang menyediakan layanan pemesanan tiket elektronik. Mereka juga rutin menginformasikan waktu keberangkatan dan kedatangan secara real time, dan inilah yang membuat keuntungan agen bus tetap besar di masa sekarang.

Tips Agar Menghasilkan Keuntungan Maksimal

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan bagi seorang agen jika ingin mendapatkan keuntungan maksimal. Simak pembahasannya di bawah ini dirangkum dari berbagai sumber.

1. Opsi Kanal Booking

Berikanlah opsi kanal booking beragam kepada pelanggan. Bisa dengan SMS, WhatsApp, atau website khusus bagi calon penumpang yang lokasinya jauh dari agen.

Sediakanlah website atau situs yang intuitif, bisa diakses responsif dari desktop dan mobile, dan tentu saja adakan juga aplikasinya. Variasi ini akan membuat pengguna memiliki banyak opsi kanal booking.

2. Metode Pembayaran Tidak Berbelit

Sistem juga harus disesdiakan dengan metode pembayaran yang tidak berbelit. Bisa menggunakan kartu kredit, transfer bank, kartu debit, deposito, dan lainnya dan tentu saja harus dibarengi dengan keamanan yang terjamin.

Setelah pembayaran diterima, operator dapat memberikan kode booking atau barcode untuk bisa digunakan pengguna pada saat akan naik bus. Kesigapan ini bertujuan untuk memberi nilai lebih di mata calon penumpang.

3. Optimalkan Sistem

Optimalkanlah sistem untuk meminimalisir hal-hal yang tidak perlu. Salah satu yang bisa ditekan adalah pengeluaran akan penggunaan kertas fisik. Calon penumpang bus hanya akan melakukan pemesanan secara online.

Dengan sistem online yang masih akan terus berkembang, ini merupakan potensi yang tidak boleh disia-siakan operator bus maupun mitranya. Selain memudahkan pelanggan, teknologi juga menjadi modifikasi untuk menentukan strategi marketing optimal.

Cara Menjadi Agen Pemesanan Tiket Bus

Sebenarnya banyak cara menjadi agen pemesanan tiket bus, terrgantung dari perusahaan jasa transportasi mana yang Anda inginkan. Setiap perusahaan juga memiliki syarat dan ketentuan berbeda yang harus dipenuhi.

Tapi bila Anda ingin jadi agen bus online, Anda bisa menggunakan berbagai platform yang tersedia seperti Bukalapak contohnya. Untuk menjadi mitra pemesanan tiket bus di Bukalapak, berikut caranya.

  • Kunjungi halaman Mitra Bukalapak
  • Pilih “Mulai Menjadi Mitra.”
  • Jika Anda belum memiliki akun Bukalapak, lengkapi terlebih dahulu formulir pendaftaran dan isi dengan benar.
  • Namun, jika sudah memiliki akun Bukalapak, Anda bisa login dan langsung mendaftar sebagai Mitra Bukalapak.
  • Pendaftaran juga bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi Mitra Bukalapak di Play Store.
  • Tunggu konfirmasi dari Bukalapak yang dikirimkan melalui e-mail.
  • Lakukan konfirmasi saat e-mail telah diterima dan Anda pun sudah terdaftar sebagai Mitra Bukalapak.

Akhir Kata

Cukup sekian pembahasan dari kami mengenai pengertian agen bus. Mudah-mudahan informasi yang sudah kami sampaikan bisa bermanfaat terutama bagi yang ingin bekerja sebagai agen.