Agen LEX Lazada

Batjokes.com – Agen LEX Lazada. Di masa sekarang pekerjaan menjadi agen sangat diminati masyarakat, apalagi jika menjadi agen pada sebuah perusahaan besar dan terkenal seperti Lazada.

Lazada adalah perusahaan e-commerce atau perdagangan elektronik swasta asal Singapura. Perusahaan ini didirikan oleh Rocket Internet dan Pierre Pognant pada 2012 silam dan telah merambah ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Di Lazada, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, di antaranya untuk jual beli produk, memberi update tentang pengiriman produk yang dibeli. Memverifikasi, melkaukan transaksi keuangan, dan lain-lain secara online.

Lalu apa sih agen LEX Lazada itu? Apakah sama seperti pengertian agen pada umumnya? Dan bagaimana cara menjadi agen di Lazada serta keuntungan yang akan diperoleh?

Pengertian Agen LEX Lazada

LEX MDOP Lazada disebut juga Lazada Express, yaitu tim pengiriman dari Lazada menggunakna hub, tiitk penghubung, antara gudang dengan pembeli. Pengiriman yang dilakukan via hub biasanya menggunakna metode COD (cash on delivery).

Mungkin untuk para seller Lazada sudah tidak asing lagi dengan istilah MDOP LEX atau nama resminya yaitu LEL Express. MDOP LEX Lazada sendiri merupakan tempat drop off atau kirim paket untuk semua order dari Lazada yang menggunakan jasa kirim LEL Express.

Di awal kemunculan MDOP LEX ini ditunjuk sebagai agen, seller Lazada yang penjualannya sudah cukup banyak. Mereka ditawarkan langsung serta diberikan fasilitas oleh pihak Lazada.

Syarat dan Ketentuan

Sama seperti agen Pos Indonesia, ada beberapa syarat dan ketentuan yang wajib dipatuhi setiap calon pelamat atau calon agen. Syarat ini meliputi syarat umum, jam operasional, dan tempat.

1. Persyaratan Umum

  • Diwajibkan untuk memiliki perangkat CCTV
  • Diwajibkan menggunakan komputer desktop atau ponsel Android dengan koneksi minimal data seluler atau WiFi
  • Diharuskan memiliki akses jalan yang cukup supaya dapat mem-pickup barang.
  • Disarankan menggunakan koneksi internet yang memadai, stabil, atau koneksi internet pribadi
  • Lokasi minimal gudang dapat muat untuk 200 paket barang, dan mobil pickup bisa berjalan melaui gudang
  • Maksimal jarak dari agen lain adalah sejauh2 KM

2. Jam Operasional dan Tempat

  • Collection Point (CP) : jam operasional minimal 8 jam perhari dari hari Senin-Jumat. Luas area penyimpanan minimal 1 m3.
  • Drop off Point (DOP) untuk agen: jam penyimpanan setidaknya minimal 9 jam perhari dari hari Senin-Jumat, dan hari sabtu lima jam per hari. Luas lokasi minimal 1.5 m x 0.6 m x 0.6 m

Cara Daftar Menjadi Agen LEX Lazada

Tentu saja ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan untuk menjadi agen LEX Lazada. Bagaimana cara daftar mnejadi agen LEX Lazada? Berikut ulasannya secara lengkap.

1. Buka Situs Lazada

Pastikan lebih dulu Anda sudah download aplikasi Lazada di hp Android supaya saat pendaftaran tidak perlu login. Untuk menjadi agen LEL Express Lazada, tidak harus menjadi seller jadi tidak usah ragu.

Langkah pertama dan paling penting dilakukan untuk menjadi agen LEX Lazada adalah membuka situs resmi lazada. Situsnya beralamat di mitra Lazada. Pastikan koneksi internet Anda sudah lancar saat membuka website tersebut.

2. Buka Opsi Menjadi Mitra

Pada lama yang tertera, berikutnya akan ada beberapa pilihan. Di antaranya:

  • Jadilah Mitra Kami.
  • Cari tahu Seller Drop off.
  • Cari tahu Paket Sendiri.

Silahkan pilih opsi Jadilah Mitra Kami, cukup klik pilihan tersebut. Adapun untuk opsi kedua atau info tentang seller drop off berisi persyaratan kemitraan, mulai dari persyaratan umum hingga tambahan.

Pelanggan juga bisa mengambil sendiri paket pada lokasi di DOP yang telah terdaftar pada jarignan LazStation. Contohnya DOP Anda berada di pusat kota, daripada mengirim paket langsung ke rumah, mereka bisa mengambilnya sendiri.

3. Isi Data Pribadi

Pada saat klik Jadilah Mitra Kami, akan muncul beberapa informasi data diri yang perlu dilengkapi, di antaranya:

  • Nama Lengkap (nama depan dan nama belakang), informasi ini akan menjadi identias Anda, isilah sesuai nama yangtertera pada KTP. Tapi tidak ada persyaratan untuk upload KTP atau KK, karena proses verifikasi dokumen akan langsung dilakukan tim Lazada yang ada di DOP Anda.
  • Contact Number atau nomor telepon, isilah sesuai nomor hp yang aktif. Pastikan Anda tidak salah memasukkan kode telepon negara Indonesia, yaitu (+62).
  • Alamat Email, digunakan untuk konfirmasi bahwa Anda sudah bergabung dengan kemitraan Lazada Express atau LEL Express dengan alamat email yang sah. Nantinya, alamat email yang dicantumkan oleh Anda dapat dari berbagai macam domain, baik berupa Gmail, Yahoo, dan sebagainya.
  • Nama Toko (biasanya diberi nama sesuai dengan lokasi alamat), Anda bisa isi Sesuai nama desa, kecamatan, bahkan nama kabupaten. Misalnya Anda tinggal di Desa Sukaharjo, maka nama toko nama toko sebagai “Agen LEL Express DOP Lazada Sukaharjo”.
  • Alamat Toko (disediakan dua kolom opsi alamat untuk alamat satu dan alamat dua, berikutnya isi kolom Kota, Provinsi, Negara dan Kode Pos), pengisian alamat toko juga harus ditulis dengan jelas. Boleh hanya diisi satu baris alamat saja. Namun apabila ingin mendaftarkan lebih dari satu toko dapat diisi keduanya.
  • Tertarik dengan peluang kemitraan* ada dua opsi pilihan yakni : 1) Layanan Drop-off, dan 2) Collection Point. Perbedaan di antara keduanya terletak pada Collection Point yang tidak memiliki layanan pengiriman paket langsung ke penerima. Collection Point biasanya diperuntukkan bagi seller yang memiliki orderan membludak sehingga proses pengiriman barangnya dilakukan dengan cara kolektif. Bila Anda yang berminat menjadi agen Lazada, pilih saja opsi ke 1 atau “Drop-off”,
  • Apakah Anda seller marketplace Lazada?* Silahkan pilih ya atau tidak.
  • Informasi lainnya berkaitan dengan toko, tambahkan keterangan-keterangan penting lain yang dapat mendukung pelayanan toko Anda secara maksimal. Contohnya otoko Anda melayani beberapa kota, atau ada pelayanan khusus yang diberikan, cantumkan saja semuanya dengan lengkap.

4. Kunjungan Lokasi dan Pelatihan

Bila informais pribadi sudah diserahkan, langkah berikutnya Anda tinggal menunggu konfirmasi. Jika data yang dikirimkan sudah selesai dikonfirmasi, tempat bisnis Anda akan didatangi pihak khusus dari Lazada.

Pihak Lazada akan mengaudit bangunan Anda dan akan diberikan pelatihan mengenai proses operasional serta cara kerja menjadi agen LEL Express secara langsung. Tidak hanya itu, calon agen juga akan diajari menggunakan aplikasi logistik Pickmee.

5. Tunggu Proses Selesai

Setelah semua rangkaian di atas sudah rampung dilaksanakan, maka berikutnya Anda tinggal menunggu proses selesai. Tunggu saja pihak Lazada menghubungi Anda dan proses kemitraan akan siap diaktifkan jika proses onboarding selesai dilakukan.

Akhir Kata

Cukup sekian pembahasan dari kami mengenai cara menjadi agen lex lazada. Mudah-mudahan informasi tersebut membuat kita memahami prosedur pendaftaran menjadi mitra LEX atau LEL di Lazada.