Agen Traveling

Batjokes.com – Agen traveling. Berkeliling Indonesia dan bahkan dunia menjadi impian banyak orang, karena kita tahu masyarakat Indonesia memang menyukai liburan dan healing.

Salah satu hobi favoritnya adalah traveling, mulai dari perjalanan lokal hingga perjalanan ke luar negeri. Tentu saja, setiap orang memiliki pertimbangan masing-masing untuk pilihan perjalanan mereka, yang mungkin.

Entah itu karena biaya, waktu atau selera. Tapi apa pun yang Anda pilih, perjalanan memiliki banyak manfaat. Sehingga, tidak heran banyak masyarakat Indonesia menyukai kegiatan ini.

Bepergian di Indonesia berarti perjalanan, perjalanan atau perjalanan. Yaitu berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Ada banyak alasan mengapa seseorang melakukan perjalanan, seperti keperluan bisnis, liburan, atau keperluan lainnya.

Baca: Agen Wahana

Apa Itu Agen Traveling?

Pariwisata dan bisnis pariwisata di Indonesia sudah sangat berkembang pesat. Potensi tempat wisata yang kaya berbanding lurus dengan antusiasme wisatawan yang ingin mengunjungi tempat tersebut. Di sinilah agen perjalanan berperan.

Faktanya, khususnya agen travelling online di Indonesia berkembang sangat pesat dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara. Seperti disebutkan sebelumnya, agen travelling adalah bisnis yang bertindak sebagai perantara.

Berdasarkan UU No.9 Tahun 1990 Pasal 12, biro perjalanan wisata adalah sebuah usaha yang menyediakan jasa perencanaan, serta pelayanan dan penyelenggaraan wisata. Sementara agen perjalanan wisata merupakan kegiatan usaha yang menyelenggarakan perjalanan di mana mereka bergerak sebagai perantara dalam menjual atau mengurus jasa.

Selain itu, perbedaan antara kedua bisnis atau pekerjaan tersebut adalah izin usaha. Agen perjalanan memiliki cakupan bisnis yang lebih luas. Mulai dari menjual jasa travel, travel planner dan sebagai operator jasa travel.

Cara Kerja Agen Travelling

Dari fungsinya, agen travelling bertindak sebagai penyelenggara atau seseorang yang membantu merencanakan, memilih, dan mengatur liburan konsumen. Beberapa tanggung jawab dan cara kerja dari agen perjalanan lainnya meliputi:

  • Memberikan layanan bantuan atau berkomunikasi dengan klien untuk menentukan paket wisata mana yang akan dipilih. Mulai dari tujuan, transportasi, tanggal keberangkatan dan kepulangan, budget dan akomodasi yang dibutuhkan.
  • Tentukan biaya perjalanan dan akomodasi
  • Pesan transportasi dan hotel
  • Tawarkan pilihan paket perjalanan kepada konsumen
  • Bermitra dengan hotel dan tempat wisata
  • Beri tahu klien tentang peralatan, seperti visa atau paspor, selama perjalanan

Keuntungan Agen Perjalanan

Sebagai agen perjalanan, keuntungan agen perjalanan berasal dari komisi. Biasanya, agen perjalanan menerima komisi 10-15% dari akomodasi, perusahaan pelayaran, atau jasa pembuatan dokumen. Orang sering melihat agen travelling dan agen travelling itu sama.

Namun, meski menjalankan bisnis yang sama di bawah Kementerian Pariwisata, ada beberapa perbedaan di antara keduanya. Biasanya agen travelling atau travel agent ditunjuk langsung oleh penyedia jasa perjalanan tersebut.

Misalnya saja, terdapat sebuah maskapai penerbangan menunjuk agen perjalanan atau travel agent untuk penjualan tiket. Oleh karena itu, agen perjalanan akan menghemat sejumlah uang untuk membeli tiket dari maskapai.

Sementara itu, agen travelling atau agen travelling berlisensi terbatas pada pengecer produk perjalanan yang diproduksi oleh agen travelling. Dari segi fungsional, agen travelling hanya bertindak sebagai perantara atau penyelenggara.

Akhir Kata

Itulah pengertian agen traveling yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi di atas bermanfaat sehingga kita bisa menjadi seorang agen perjalanan yang sukses dan mendapat profit besar.