Untung Rugi Menjadi Agen Pos

Batjokes.com – Untung rugi menjadi agen Pos Indonesia. Banyak yang mengatakan bahwa menjadi agen merupakan keputusan yang baik karena bisnis ini memberikan keuntungan luar biasa.

Salah satu keuntungan yang bisa diperoleh adalah karena brand mitra sudah dikenal luas. Jadi untuk mencari pelanggan Anda tidak perlu melakukan promosi berlebihan seperti pada brand baru.

Agen Pos Indonesia juga menjadi salah satu pilihan bisnis yang menguntungkan. Apalagi pendaftaran agen Pos Indonesia terbuka untuk berbagai kalangan dan tidak terlalu ribet.

Tapi selain keuntungan, tentu saja ada kerugian atau kekurangan dalam menjalani bisnis ini. Apa saja? Kami akan menjelaskan semua dilihat dari berbagai aspek di bawah berikut ini.

Apa Itu Agen Pos Indonesia

Agen Pos Indonesia merupakan mitra pihak ketiga yang bekerja sama bisnis dengan PT Pos Indonesia untuk melakukan pengiriman barang. Mereka sudah tersebar di seluruh kota di Indonesia.

Apabila di wilayah Anda masih belum ditemui agen Pos Indonesia, maka peluang Anda menjadi agen sangatlah besar. Asalkan bisa memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Pos Indonesia.

Sebagai perusahaan besar, mereka juga memiliki banyak anak perusahaan salah satunya PT Pos Finansial Indonesia (Posfin). Anda pun bisa mengikuti cara daftar agen Posfin bila menginginkannya.

Layanan Agen Pos Indonesia

Sebagai agen Pos Indonesia, tentu saja Anda akan diminta melakukan tugas meliputi layanan yang disediakan oleh PT Pos Indonesia, di antaranya:

  • Jasa pengiriman barang dagangan online, paket, dokumen, surat, dan lainnya: Pos Express, Pos Kilat Khusus, Q9, Qcomm, dan Express Mail Service (EMS) untuk kiriman ke luar negeri.
  • Pembayaran top up, tagihan, serta angsuran.
  • Layanan Weselpos Instan untuk melakukan pengiriman serta pembayaran uang.
  • Agen Pos Indonesia akan dikembangkan untuk memberikan keseluruhan pelayanan Pos Indonesia lainnya.
  • Penjualan benda pos, mulai dari materai, perangko, serta benda pos lainnya.

Keuntungan Menjadi Agen Pos Indonesia

Ini dia beberapa keuntungan menjadi agen Pos Indonesia. Pembahasan berikut bisa jadi alasan Anda supaya memilih Pos Indonesia sebagai mitra bisnis Anda sampai masa depan.

  1. Tanpa harus memiliki keahlian khusus atau modal besar, tentunya bisnis menjadi agen Pos Indonesia ini dapat dikelola oleh siapapun anggota masyarakat.
  2. Jangkauan distribusi agen Pos Indonesia yang dimiliki PT Pos Indonesia sangat luas, baik di dalam negeri bahkan sampai dengan di luar negeri.
  3. Sharing fee atau komisi benefit yang diberikan bersifat progresif dan menarik hingga mencapai 22,5%.
  4. Keberadaan mitra agen Pos Indonesia juga sudah diakui secara luas dengan dikelola oleh PT Pos Indonesia dimulai dari puluhan tahun yang lalu.
  5. Dalam industri jasa ekspedisi, pengiriman barang, atau kurir, PT Pos Indonesia sudah dikenal mempunyai puluhan ribu titik layanan yang tersebar di berbagai wilayah kota dan pelosok Indonesia.
  6. Apabila Anda tekun menjalankan bisnis ini, maka bisa mendapatkan penghasilan sampai dengan Rp 10 juta per bulan.

Kerugian Menjadi Agen Pos Indonesia

Berikut beberapa kerugian atau kekurangan jika Anda memilih jadi agen Pos Indonesia. Ketika Anda ingin mendaftar, bisa mempertimbangkan risiko kerugian ini terlebih dahulu.

1. Registrasi

  • Mitra agen Pos Indonesia tidak mendapatkan buku petunjuk atau pedoman dalam bertransaksi menjadi agen secara lengkap.
  • Perusahaan PT Pos indonesia tidak detail dalam memberikan training kepada mitra baru.

2. Layanan Counter

  • Bisnis menjadi agen Pos Indonesia dilakukan menggunakan sistem online. Untuk itu, pada saat sedang mati listrik tentu mitra agen Pos Indonesia tidak dapat melakukan transaksi.
  • Untuk melihat ongkos kirim atau ongkir dari Pos Indonesia, Anda harus masuk ke sistem terlebih dahulu. Maka dari itu apabila ada konsumen yang menanyakan ongkir di luar jam kerja, agen Pos Indonesia akan kesulitan memberikan informasi tersebut disebabkan karena tidak ada buku atau data pedoman ongkir.
  • Berat kiriman Pos Indonesia dihitung berdasarkan gram, bukan kilogram. Sehingga, akan membuat tarif ongkir pengiriman barang atau dokumen Pos Indonesia cenderung lebih murah, namun membuat keuntungan agen menjadi sedikit.
  • Manajemen PT Pos Indonesia disebut kalah bagus dengan agen jasa pengiriman lain terutama pihak swasta.
  • Biaya asuransi Pos Indonesia lebih murah daripada jasa pengiriman lain.

3. Layanan Pospay

  • Biasanya pembelian pulsa hp all operator elektrik atau voucher lebih mahal dibandingkan counter-counter yang lain. Selisih harga pulsa di Pospay atau Posfin memanglah tidak banyak, namun hal tersebut bisa membuat pandangan konsumen bahwa Pospay itu mahal.
  • Keuntunga didapatkan dari pembayaran PLN, Telkom, cuma sedikit yaitu di bawah Rp 700. Ini jauh berbeda dengan counter pembayaran lain yang dapat mencapai hingga Rp 1.500.
  • Layanan yang diberikan Pospay dari PT Pos Indonesia memang lebih bervariasi, biasanya juga murah dibandingkan dengan counter pembayaran lain.

Akhir Kata

Sampai di sini terlebih dahulu pembahasan dari kami mengenai untung rugi menjadi agen pos indonesia. Mudah-mudahan ulasan tentang untung rugi menjadi agen Pos Indonesia bisa bermanfaat bagi para calon mitra.