Cara Menjadi Agen Travel Umroh dan Haji

Batjokes.com – Cara menjadi agen travel umroh dan haji. Jasa transportasi, travel, atau perjalanan merupakan salah satu bisnis yang sangat menguntungkan bagi semua orang.

Karena Indonesia memiliki penduduk yang mayoritas beragama Islam, maka jasa travel umroh dan haji sangatlah menjanjikan. Maka tidak heran ada banyak yang ingin jadi agen travel perjalanan ibadah tersebut.

Tentu saja untuk cara menjadi agen travel tidaklah mudah, terutama soal menyiapkan legalitas, perusahaan, dan lain sebagainya. Dan ini semua tidak bisa dilakukan sembarangan.

Bagi yang penasaran bagaimana cara dan tips menjadi agen travel umroh atau haji, di sini kami akan menjelaskan kepada Anda caranya. Anda bisa menyimak informasinya di bawah berikut ini.

Apa Itu Agen Travel Umroh dan Haji

Agen travel umroh dan haji juga dikenal dengan travel agent ibadah umat muslim atau perantara dalam menjual jasa dan produk wisata maupun liburan. Agen travel umrah dan haji bertugas menjual produk-produk yang didapatkan dari biro perjalanan ke Mekkah dan Madinah Arab Saudi.

Fasilitas jasa agen travel umroh dan haji ini juga beragam, seperti paket wisata, tiket, pengurusan dokumen perjalanan, penginapan, makanan, dan sebagainya. Jadi, tidak cuma perjalanan saja yang diurus oleh agen travel umroh dan haji.

🔥 Trending:   Cara Menjadi Agen Daging Bulog

Karena bisnis ini berfokus pada perjalanan ibadah di Tanah Suci, maka target pasarnya memang sangat luas. Seperti diketahui bahwa Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di seluruh dunia.

Syarat dan Ketentuan

Adanya keuntungan yang besar dari usaha pariwisata umroh dan haji menyebabkan banyak pihak yang memiliki dana yang cukup mempertimbangkan keberuntungan dalam menjalankan usahanya. Namun, kewirausahaan pariwisata tidak bisa dilakukan begitu saja.

Pasalnya, jika bisnis Anda ilegal dan penuh kebohongan, akan menimbulkan stigma negatif di mata masyarakat. Untuk menghindari hal tersebut, mereka yang berencana mendirikan usaha pariwisata umrah dan haji harus memahami syarat-syarat yang harus dipenuhi secara hukum. Dikatakan bahwa persyaratan ini pada dasarnya adalah cara untuk membangun citra dan kepercayaan positif di mata publik.

Selain itu, ada beberapa persyaratan yang harus dimiliki oleh mereka yang memiliki usaha pariwisata umroh dan haji.

  • Anda harus mengurus SIUP (surat izin usaha perdagangan)
  • Anda telah memiliki NPWP
  • Jangan lupa mengurus tanda daftar perusahaan (TDP)
  • Lakukan kepengurusan izin biro perjalanan wisata yang diterbitkan Kementerian Kebudayaan dan Parisiwata
  • Menjadi anggota dari ASITA (association the indonesia tour and travel agencies)
  • <enjadi anggota dari IATA (internasional air transportation association)
  • Mngurus izin biro perjalanan haji dan umroh dari kementerian agama republik indonesia
  • Harus menyetorkan deposit sebesar 100 juta
  • Mengurus surat izin pendirian travel haji dan umroh
🔥 Trending:   Cara Menjadi Agen Es Krim Walls

Tips dan Cara Menjadi Agen Travel Umroh dan Haji

Seperti halnya cara menjadi agen HPAI, berikut cara menjadi agen travel umroh dan haji yang sukses mengikuti panduan berikut. Anda dapat menyimaknya di bawah berikut ini yang dirangkum dari berbagai referensi.

  1. Dari keberangkatan hingga kepulangan ke Indonesia, pastikan selalu mengutamakan penyediaan fasilitas yang nyaman bagi seluruh calon jemaah umroh dan haji. Penyediaan transportasi dan akomodasi yang memadai menjadi kunci utama bagi biro perjalanan umroh dan haji untuk memberikan pelayanan yang berkualitas.
  2. Tak kalah pentingnya, Anda juga harus memastikan bahwa segala legalitas dan izin pendirian usaha wisata umroh dan haji sudah lengkap terlebih dahulu.
  3. Mengutamakan kepuasan seluruh calon jemaah haji atau umrah dalam kegiatan ibadah. Berikan mereka pengalaman yang tak terlupakan dan pasti akan membuat mereka menggunakan jasa Biro Perjalanan Umroh dan Haji lagi
  4. Pastikan juga Anda memiliki kerjasama yang baik dan terbaik dan berpengalaman yang akan memandu proses umroh atau haji di Tanah Suci.
  5. Jangan lupa untuk menyediakan berbagai menu masakan Indonesia, ini akan menjadi pilihan lain
  6. Pastikan juga memilih konvoi yang nyaman sehingga mendukung perjalanan umroh atau haji. Jika memungkinkan, pastikan untuk memilih driver Indonesia, karena kebanyakan driver Arab mengemudi dengan ugal-ugalan
  7. Memberikan potongan harga yang menarik tentunya berdasarkan pelayanan yang diberikan dari awal hingga akhir perjalanan. Tidak bisa dipungkiri setiap paket umroh atau haji selalu menawarkan harga yang berbeda-beda.
  8. Gunakan berbagai media sosial atau bangun situs web untuk membantu orang terhubung dengan Anda dengan lebih mudah, sehingga strategi pemasaran yang akurat dapat diterapkan. Berikan informasi detail tentang diskon perjalanan Umrah dan Haji melalui website Anda.
🔥 Trending:   Cara Daftar Agen Premium Payfazz

Akhir Kata

Pembahasan soal tips cara menjadi agen umroh dan haji seperti yang dijelaskan di atas cukup sampai di sini. Semoga dengan adanya informasi ini, Anda bisa menjadi agen travel umroh dan haji yang sukses.