Cara Menjadi Agen Tiket Bus

Batjokes.com – Cara menjadi agen tiket bus. Wilayah Indonesia yang luas membuat banyak orang memerlukan transportasi yang bisa membantu mereka menuju ke berbagai tempat.

Angkutan umum bus antarkota dan antarprovinsi pun menjadi primadona banyak orang karena berbagai alasan. Selain murah, waktu tempuh bus juga bisa dikatakan cukup singkat.

Hal ini membuat bisnis sebagai agen bus, yang bertugas menjual tiket perjalanan bus menjadi sangat diminati. Karena, pasar dari bisnis ini begitu luas dan bisnis ini sangat menjanjikan.

Tapi sebelum Anda terjun menjalankan bisnis sebagai agen tiket bus, tentu ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Apa saja? Berikut ulasannya bisa disimak di bawah ini.

Apa Itu Agen Tiket Bus

Agen tiket bus pada dasarnya merupakan pihak yang bekerja sama dengan perusahaan jasa transportasi bus antarkota atau antarwilayah. Mereka bertugas memasarkan tiket bus perjalanan kepada konsumen.

Biasanya di setiap terminal atau wilayah tertentu, akan ditempatkan satu agen dengan tujuan bisa menjangkau lebih banyak orang. Apabila di daerah Anda belum ada agen bus, maka ini bisa jadi peluang yang besar.

Keuntungan atau komisi yang bisa diperoleh oleh agen juga tergantung dari berapa banyak transaksi yang bisa dilakukan oleh seorang agen. Maka, agen dituntut menjual tiket bus sebanyak mugnkin.

Cara Menjadi Agen Tiket Bus Khusus Pemula

Seperti halnya cara menjadi agen QNC Jelly Gamat, ada sejumlah hal yang perlu pemula lihat ketika ingin menjalankan bisnis ini. Simak langsung ulasannya pada panduan berikut.

1. Buat Profil Bisnis Agen

Anda harus menentukan profil agen tiket bus. Dengan kata lain, Anda harus mengetahui jenis layanan apa yang ingin Anda berikan, serta gambaran dari karakteristik perusahaan agen tiket bus ini. Misalnya, Anda ingin publik memperlakukan perusahaan Anda sebagai agen perusahaan.

Anda dapat menyediakan paket tiket bus yang murah dan mudah dikomunikasikan serta memberikan jaminan uang kembali yang paling sederhana. Atau Anda bisa memberikan paket wisata eksklusif dengan harga tinggi.

2. Tentukan Jangkauan Layanan

Cara menjadi agen tiket bus selanjutnya adalah dengan menentukan jangkauan lokasi tiket bus. tiket bus seperti apa yang akan Anda berikan kepada konsumen? Misalnya bus antarkota, antardaerah, atau bahkan antarprovinsi.

Keputusan ini akan disesuaikan berdasarkan kemampuan layanan dan bakat atau sumber daya manusia (SDM) agen tiket bus Anda. Tentu saja, Anda harus mempertimbangkan hal ini dengan matang agar bisnis agen perjalanan Anda bisa berjalan baik.

3. Resmikan Agen Tiket Bus

Jika ada yang sudah matang, maka sudah waktunya untuk meresmikan bisnis agen tiket bus Anda dan menjadikannya badan hukum. Hal ini sangat penting untuk membangun kepercayaan konsumen yang akan menggunakan jasa tersebut.

Upacara peresmian agen tiket bus ini juga dapat digunakan untuk mengajukan paten atas nama agen tiket bus Anda, agar tidak disamakan atau disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab di kemduain hari.

4. Jalin Kerja Sama

Kerja sama tidak terlepas dari proses menjadi agen tiket bus. Jika Anda ingin mendapatkan penawaran layanan tiket bus online atau offlien yang dapat menarik konsumen, maka Anda harus mendapatkan harga kerjasama yang baik.

Misalnya kerja sama dengan beberapa perusahaan bus murah, kerja sama dengan agen lain atau sopir sewa mobil dengan harga yang wajar, dan lain sebagainya. Anda juga harus memperhatikan pengeluaran yang akan dikeluarkan.

5. Kumpulkan Sumber Daya

Memiliki pelayanan yang maksimal merupakan salah satu cara menjadi agen tiket bus yang tidak bisa dianggap remeh. Memaksimalkan pengumpulan dan pelatihan talenta atau sumber daya manusia. Kembangkan standar layanan agen tiket bus Anda sendiri.

Untuk pengembangan sumber daya manusia semacam ini, Anda memerlukan bantuan pengembang sumber daya manusia dan pelatih layanan yang berpengalaman. Anda bisa mencari sumber daya untuk dijadikan sebagai karyawan agen Anda.

6. Buat Paket Hemat

Setiap konsumen yang ingin melakukan perjalanan dengan bus menginginkan harga yang rendah untuk semua produk dan jasa. Nah, banyak kegiatan promosi yang bisa kamu lakukan dengan menyimpan paket di agen tiket bus tersebut.

Misalnya, paket perjalanan mudik lebaran atau tahun baru yang dibundel dengan sopir, atau pemesanan tiket pesawat dan hotel yang lebih murah. Diskon atau potongan harga kepada pelanggan juga akan menarik konsumen.

7. Gencarkan Promosi

Calon konsumen perlu memahami keberadaan agen tiket bus Anda di industri agen tiket bus ini. Oleh karena itu, untuk menjadi agen tiket bus yang sukses, perlu meningkatkan promosi penjualan secara gencar.

Anda bisa mulai memberikan layanan kepada orang-orang terdekat Anda. Dari mulut ke mulut, melalui akun media sosial, bantuan promosi dari orang terdekat, hingga iklan berbayar atau bantuan selebriti di media sosial.

Akhir Kata

Sampai di sini terlebih dahulu penjelasan dari kami mengenai cara menjadi agen tiket bus terbaru. Semoga dengan adanya artikel pembahasan di atas bisa membuat kita jadi siap menjalankan bisnis tiket bus.