Cara Menjadi Agen Beras Bulog

Batjokes.com – Cara menjadi agen beras bulog. Setiap masyarakat Indonesia membutuhkan beras karena merupakan makanan pokok, sehingga bisnis agen beras tentu saja sangat menguntungkan.

Sementara itu, misi BULOG adalah melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan di bidang pengelolaan logistik melalui pengelolaan persediaan, pendistribusian dan pengendalian harga beras, serta usaha jasa logistik.

Hal tersebut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di kawasan Indonesia. Beras Bulog sendiri berasal dari beras petani yang dibeli berdasarkan Inpres No. 5 Tahun 2015.

Apakah Anda tertarik menjadi agen beras online dan offline dengan bermitra bersama Bulog? Bila iya, Anda harus menyimak beberapa panduan pendaftarannya di bawah berikut ini.

Apa Itu Agen Beras Bulog

Agen beras Bulog adalah mitra yang bekerja sama dengan Bulog untuk memasarkan produk berasnya. Mereka juga bisa dikatakan sebagai reseller atau distributor resmi dari Bulog.

BULOG sendiri adalah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang logistik pangan, dan kualitasnya tidak diragukan lagi. Lingkup bisnis perusahaan meliputi bisnis logistik/pergudangan.

Bulog menjual 59.398 unit melalui Rumah Pangan Kita (RPK). Gerai-gerai penjualan yang bekerja langsung dengan masyarakat menjual berbagai produk Bulog, seperti Beras Kita, Beras Kita Sachet, Gula Manis Kita, Minyak Goreng Kita, Terigu Kita, serta produk olahan Baso Kita.

Syarat dan Ketentuan

RPK atau singkatan dari Rumah Pangan Kita adalah bentuk kerja sama antara Bulog dengan agen distributor yang menjual kembali bahan-bahan pokok, seperti yang dijelaskan di atas, kemudian RPK milik kami oleh komunitas ini dibudidayakan oleh Bulog.

Rencana tersebut sangat diminati masyarakat karena selain mendapatkan keuntungan dari penjualan, masyarakat juga bisa mendapatkan bantuan dari harga yang diberikan oleh Bulog dan subsidi dari pemerintah sendiri.

Teman-teman yang berminat mendaftar menjadi anggota agen agen RPK harus terlebih dahulu memahami persyaratan terkait, misalnya menyiapkan dokumen sebagai berikut:

  • Fotokopi KTP atau SIM
  • Copy Kartu Keluarga melalui Bulog terdekat
  • Fotokopi SIUP/izin dan NPWP (kerja sama/organisasi/perusahaan)
  • Bukti domisili RT dan RW
  • Izin Usaha Desa (Kedai/Toko)

Setelah melengkapi dokumen, Anda dapat mengunjungi kantor Bulog terdekat dan mengisi formulir permohonan RPK (perorangan/toko/toko/koperasi/organisasi/perusahaan).

Persyaratan lain yang harus Anda penuhi adalah Anda harus sudah memiliki outlet penjualan baik itu skala pribadi, toko, ruko, koperasi, ormas atau perusahaan, dan pembelian pertama minimal dalam jumlah yang telah ditentukan.

Cara Menjadi Agen Beras Bulog Khusus Pemula

Seperti cara menjadi agen blangko undangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda ingin menjadi agen beras Bulog. Khususnya bagi pemula, perlu menyimak panduan di bawah ini.

  1. Pendaftaran online melalui: rpk.bulog.co.id
  2. Daftar secara offline di kantor Divre/Subdivre BULOG terdekat di kota Anda
  3. Isi form aplikasi teman RPK online atau offline
  4. Persyaratan manajemen yang lengkap, seperti:
  5. Fotokopi KTP/SIM
  6. Bukti domisili RT/RW/Kelurahan
  7. Izin Usaha (toko/toko)
  8. Fotokopi SIUP/Surat Izin Usaha dan NPWP (Koperasi/Ormas/Perusahaan/Lembaga Lain)
  9. Verifikasi dan investigasi lokasi
  10. Tekad jadi sahabat RPK
  11. Konsumsi di muka

Akhir Kata

Sampai di sini terlebih dahulu penjelasan dari kami mengenai cara menjadi agen beras bulog terbaru. Apabila terjadi kendala pada saat melakukan registrasi, silahkan hubungi CS beras Bulog untuk mendapat informasi lebih lanjut.