Cara Menjadi Reseller Shopee

Batjokes.com – Cara menjadi reseller Shopee. Saat ini Shopee bisa dikatakan sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, peningkatan transaksi dan pelanggannya dari hari ke hari semakin meningkat.

Anda juga bisa mendapatkan keuntungan sebagai pekerjaan sampingan atau tambahan dari menjadi reseller Shopee. Proses atau cara kerjanya sama seperti saat menjadi reseller Lazada.

Di dalamnya, Anda bisa menjual kembali berbagai produk yang terdapat pada katalog Shopee. Mulai dari aksesori hp, produk elektronik, fashion, baju, kosmetik kecantikan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun ada beberapa hal yang berbeda dibanding jadi reseller Lazada. Karena platform Shopee memang berbeda, maka ada beberapa hal yang perlu jadi perhatian, seperti yang kami sebutkan berikut ini.

Cara Menjadi Reseller Shopee Tanpa Modal

Di bawah ini merupakan beberapa tata cara menjadi reseller Shopee tanpa modal, untung besar, dan bisa langsung online menjual kembali barang dan produk. Simak selengkapnya pada penjelasan di bawah ini.

  • Langkah pertama silahkan Anda tentukan jenis produk yang ingin anda jual apa.
  • Hal tersebut bertujuan supaya Anda terfokus dengan apa yang dijual.
  • Buat toko online di Shopee, pastikan nama toko menggambarkan produk barang apa yang dijual oleh Anda
  • Kemudian carilah supplier sesuai produk yang anda jual, pastikan Adnda memiliki supplier lebih dari satu.
  • Tujuannya yaitu untuk memudahkan Anda dalam mencari produk, jika supplier A stoknya kosong, maka Anda bisa order di supplier B.
  • Lakukan negosiasi ke pihak supplier dengan meminta harga murah untuk para reseller
  • Selanjutnya silahkan Anda buat file di excel dengan memasukan link produk di supplier.
  • Langkah tersebut bertujuan untuk memudahkan reseller mencari produk
  • Langkah berikutnya cukup memasukan doto produk yang akan dijual.
  • Pastikan foto produk yang Anda pasang di Shopee jelas dengan deskripsi sesuai produknya
  • Selalu update harga di toko Anda, pasalnya besar kemungkinan harga pada supplier bisa naik.
  • Berikan layanan terbaik setiap transaksi yang masuk dari konsumen
  • Selalu membalas chat yang masuk dengan sigap, meskipun itu hanya sekedar bertanya saja
  • Jangan sampai lupa untuk menarik pembeli, meskipun sekedar bertanya saja

Proses Jual Barang Reseller di Shopee

Inti dari proses menjadi reseller di Shopee adalah menjual barang pihak lain. Anda bisa melakukannya dengan mudah mengikuti beberapa tahapan di bawah ini.

1. Tentukan Produk

Langkah pertama silahkan tentukan produk apa yang akan Anda jual. Cara menentukannya adalah menentukan riset volume pencarian produk per hari, per bulan, bahkan per tahun untuk mendapatkan barang yang cocok Anda jual.

Untuk bisa menentukan prosuk yang tepat, Anda bisa riset menggunakan tools seperti Ubersuggest, Google Trends, Ahrefs, atau yang lainnya. Misalnya produk masker, coba perhatikan apakah grafiknya meningkat atau justru menurun.

2. Pahami Produk yang Dijual

Reseller berpengalaman bisa diketahui dari cara dia menjawab pertanyaan pembeli, entah itu melalui live chat atau via ulasan penjualan Shopee. Bila seorang reseller menjawab asal-asalan, maka konsumen tidak akan tertarik.

Hal-hal yang harus Anda perhatikan pada saat menjual sebuah barang adalah Spesifikasi produk, Fungsi dan efek samping produk, Kualitas produk, Stok produk., dan lainnya. Tujuannya untuk membuat Anda nyaman dalam menjual prosuk itu.

3. Mencari Supplier

Mencari supplier adalah tahapan paling krusial untuk menjadi reseller Shopee. Menentukan supplier yang tepat bisa mempengaruhi penjualan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan tiap bulannya.

Beberpaa hal penting yang harus diperhatikan pada saat cari reseller Shopee adalah komunikasi yang baik, stok produk banyak, harga murah, dan kualitas harus terbaik. Selain beberapa faktor itu, pastikan juga jarak antara Anda dan supplier tidak terlalu jauh untuk menghemat ongkir.

4. Menentukan Harga Beli dan Jual

Sebagai reseller, tentu Anda ingin keuntungan dari bisnis reseller di Shopee kan? Maka dari itu Anda harus emngatur harga beli dan jual sebaik mungkin supaya tetap mendapatkan keuntungan penjualan produk.

Biasanya seller pemula akan memasang margin keuntungan 5-10% per produk terjual. Setelah branding toko sudah mulai membesar, Anda bisa menaikkan margin keuntungannya mejadi 15-20% per produk.

5. Membuat Toko di Shopee

Langkah berikutnya Anda harus membuat toko sendiri di Shopee. Bila sudah memiliki toko sebelumnya, step ini bisa Anda abaikan dan lanjut ke tahapan berikutnya.

Setelah toko jadi, Anda harus upload produk dari supplier ke toko Anda. Pastikan juga Anda membaca syarat dan ketentuan seller Shopee supaya produk Anda bisa segera tampil pada halaman pencarian Shopee.

6. Promosi

Lagnkah terakhir dan yang paling penting adalah promosi. Setiap seller harus melakukan pemasaran produk dan optimasi supaya bisa muncul pada halaman teratas pencarian Shopee.

Masing-masing seller tentu memiliki trik dan strategi sendiri, bila Anda ingin gratisan Anda bisa memasarkan ke teman terdekat dulu. Tapi jika Anda punya modal, manfaatkanlah Facebook Ads, Instagram Ads, atau TikTok Ads.

Akhir Kata

Mungkin sampai di sini terlebih dahulu pembahasan dari kami mengenai tata cara menjadi reseller shopee. Tanpa banyak basa basi kembali, mari langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah berikut ini.