Cara Menjadi Agen Sembako

Batjokes.com – Cara menjadi agen sembako. Kebutuhan akan barang-barang pokok tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, setiap orang tentu saja perlu memenuhi kebutuhan primernya.

Mulai dari beras, minyak goreng, gula, teh, kecap, sambal, atau makanan dan minuman lainnya harus dipenuhi. Untungnya kebutuhan-kebutuhan tersebut ada di toko sembako atau warung kelontong.

Harga yang murah dan penjualan yang mudah dilakukan membuat banyak orang memilih menggeluti bisnis jadi agen sembako. Tentu saja keuntungan yang diperoleh akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Meski ada cara menjadi agen sembako tanpa modal, namun biasanya itu butuh waktu lebih lama supaya sukses. Agar bisa lebih cepat meraih kejayaan, modal berupa uang sangatlah dibutuhkan.

Apa itu Agen Sembako

Agen sembako adalah penjual yang menyediakan berbagai macam barang kebutuhan pokok. Selai makanan dan minuman, penjual sembako juga menjual sabun cuci, sabun mandi, pasta gigi, dan lainnya.

Tentu saja bila ingin jadi agen atau penjual sembako, Anda harus mengenal berbagai macam barang kebutuhan pokok tersebut. Selain itu stok yang harus disesiakan di toko juga tidak boleh satu macam saja melainkan harus beragam.

Meski mungkin awalnya akan repot dalam membangun bisnis, namun percayalah menjadi agen sembako sangat mudah dilakukan. Kalau tidak, maka tidak akan ada banyak toko sembako di sekeliling kita.

Tips dan Cara Menjadi Agen Sembako

Tidak jauh berbeda dengan cara menjadi agen JET Express, ada beberapa hal dan tips yang harus diperhatikan bila ingin sukses jadi agen sembako. Ini dia ulasannya yang bisa Anda simak.

1. Riset Harga Jual

Supaya Anda bisa memperoleh keuntungan lebih maksimal, maka Anda harus melakukan riset harga jual bers terlebih dahulu. Anda bisa mengecek harga sembako yang dijual di warung atau pasaran sekitar Anda.

Jangan sampai Anda menjual harga sembako terlalu murah atau mahal. Keduanya tentu akan mengakibatkan Anda bisa mendapatkan kerugian besar, maka sebaiknya pilihlah harga yang sudah disepakati pasar.

Selain itu cari juga produk sembako apa saja yang banyak diminati masyarakat. Sebisa mungkin sediakan sembako tersebut di toko Anda sehingga toko agen sembako Anda bisa menjadi ramai pembeli.

2. Cari Pemasok Sembako

Langkah cara menjadi agen sembako berikutnya adalah emncari pemasok dengan menawarkan harga terbaik. Harga terbaik yang dimaksud di sini tentu saja harga termurah, namun kualitasnya bagus sesuai yang dijual di pasar.

Hal ini dilakukan agar Anda tidak membeli sembako yang akan dijual dengan harga terlalu mahal. Terlebih produk tersebut akan dijual kembali dan bila Anda beli dengan harga tinggi tentu margin keuntungan Anda akan renadh.

Meksi dijual dengan harga murah, Anda juga harus tetap memperhitungkan ongkos perjalanan untuk distribusi sembako. Jangan sampai Anda mendapat harga lebih murah namun menghabiskan ongkos perjalanan mahal.

3. Manajemen Persediaan

Sebaiknya Anda juga berhati-hati ketika akan mengeluarkan uang untuk bisnis sembako ini. Pasalnya bila Anda terlalu banyak menyimpan sembako maka bisa merugikan toko Anda terlebih karena sembako itu bisa kadaluarsa.

Selain cepat habis masa kadaluarsanya, menimbun banyak sembako juga membentuk pemborosan usaha yang baru Anda rintis. Tetapi perlu diingat bahwa Anda juga harus menyetok barang jangan terlalu sedikit, karena akan menyulitkan pembeli.

4. Strategi dan Pelayanan

Strategi penjualan adalah cara Anda mempromosikan toko sembako milik sendiri. Anda bisa menggunakan media promosi seperti akun media sosial, diskon, serta promo menarik utnuk pelanggan yang berbelanja kepada Anda.

Pastikan pula Anda memberikan pelayanan terbaik. Selalulah berikan senyuman tulus dan ucapkan terima kasih kepada pelanggan yang selesai bertransksi untuk memberikan nilai tambah kepada toko agen sembako Anda.

5. Jadi Bagian Komunitas

Supaya Anda bisa memperluas jangkauan bisnis usaha agen sembako, Anda juga harus bergabung dengan komuitas. Cara tersebut akan membuat Anda mendapatkan informasi jika ada acara, sponsor, atau kerja sama lainnya yang menguntungkan.

Bekerja sama dengan agen komunitas lokal bisa meningkatkan bisnis Anda. Hal ini tentu saja sangat berpengaruh karena sebuah agen sembako yang murah sukses biasanya selalu menanggapi apa yang dibutuhkan komunitas.

Akhir Kata

Mungkin hanya cukup sampai di sini terlebih dahulu pembahasan serta penjelasan dari kami mengenai cara daftar menjadi agen sembako. Semoga ulasan yang sudah kami sampaikan bisa bermanfaat khususnya bagi yang ingin jadi agen sembako.