Cara Menjadi Agen Properti

Batjokes.com – Cara menjadi agen properti. Menjadi agen properti mungkin bagi sebagian orang terasa berat dilakukan, apalagi tidak bisa langsung mendapatkan closing dalam waktu singkat.

Pekerjaan ini butuh kepercayaan di mata masyarakat, ilmu dan kemampuan komunikasi jitu, serta stretegi marketing brilian. Tanpa itu semua, seseorang tidak akan bisa jadi agen properti.

Pada kesempatan lalu kami juga sudah mengulas cara daftar agen properti online. Namun pada artikel tersebut hal yang lebih ditekankan ialah soal teknis mengenai pendaftaran atau registrasi saja.

Sementara bagian terpenting dari jadi agen properti ialah memasarkan hunian kepada calon konsumen. Dan di sini kami akan mengulas informasi mengenai tips dan triknya.

Apa Itu Agen Properti

Agen properti adalah pihak yang membantu pemasaran dan penjualan produk properti kepada konsumen atau calon pembeli. Mulai dari rumah, tanah kavling, apartemen, ruko, kos, kontrakan, dan lainnya.

Seorang agen juga berperan menjadi perantara antara pemilik properti dengan calon konsumen yang ingin menyewa dalam kurun waktu tertentu. Biasaya profit yang diperoleh berdasarkan hasil kesepakatan antara pemilik properti dan agen.

Agen bekerja secara mandiri, tidak terikat kontrak dengan tim marketing properti sebuah perusahaan. Maka dari itu mereka harus memiliki kemampuan marketing dan lobi yang mumpuni.

Tips dan Cara Menjadi Agen Properti

Sama seperti cara menjadi agen Sweety, jika Anda ingin jadi agen properti maka ada beberapa tahap dan tips yang perlu diikuti. Anda bisa menyimak seluruh informasinya di bawah berikut ini.

1. Dapatkan Izin

AREBI (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia) sejak tahun 2015 lalu sudah menggiatkan lisensi bagi para agen properti mealui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Broker Properti. Lisensi ini berperan sebagai izin yang harus dimiliki.

Ada tiga jenis skema sertifikasi yang diselenggarakan, yaitu Broker Properti, Manajemen Broker Properti, dan Manajemen Properti dan Investasi. Anda bisa mendapatkan sertifikasinya dengan datang langsung ke Sekretariat LSP Broker Properti di Jl Jambu No. 2, Menteng, Jakarta Pusat (Telp: 021-3909913).

2. Cari Kantor Agen Properti

Cara menjadi agen properti berikutnya yang tidak kalah penting yaitu mencari kantor agen properti. Anda bisa memilih jadi agen perorangan atau tergabung ke dalam badan usaha.

Bila memilih opsi kedua, maka silahkan Anda cari perusahaan agen properti yang memiliki reputasi bagus serta terpercaya. Caranya, Anda bisa memeriksa kredibilitas perusahaan tersebut melalui ulasan di media sosial dan blog.

3. Siapkan Anggaran

Anggaran atau modal awal menjadi agen properti dibutuhkan untuk mempersiapkan diri. Minimal dana awal yang dibutuhkan agen pemula yaitu Rp 1 juta untuk membuat kartu nama, menjadi member berbayar di web properti, atau mendaftar jadi anggota AgentNet.

Kemudian modal juga dibutuhkan utnuk mendapatkan wawasan lebih luas. Bisa dengan mengikuti kursus, seminar, dan lainnya yang berkaitan dengan properti, meski jumlahnya mungkin besar namun hal ini penting untuk dimiliki.

4. Bangun Relasi dan Portfolio

Cara terbaik berikutnya untuk menjadi agen properti sukses adalah membangun portfolio. Caranya bisa dengan mencari mentor dan menggunakan jaringan pribadi, khususnya bagi yang masih pemula dalam bisnis ini.

Metode kedua bisa dimanfaatkan dengan cara mendekati orang terdekat Anda. Hubungi saja kerabat yang ingin menjual rumah, tanah, atau apartemen mereka dan tawarkan menggunakan jasa agen properti Anda.

5. Aktif di Media Sosial

Jangan lupa untuk selalu aktif di media sosial dengan memberikan informasi berupa properti yang dijual, tips properti, dan sebagainya. Langkah ini jelas tak membutuhkan modal besar.

Anda hanya perlu menyiapkan kuota paket data internet saja. Jejaring media sosial yang bisa Anda gunakan yaitu Facebook, Instagram, dan TikTok yang sudah memiliki basis pengguna sangat besar.

6. Pasang Listing Properti

Sangat penting bagi seorang agen untuk mengikuti tren teknologi terbaru. Seperti diketahui, menurut National Association of Realtors ada 90% lebih perusahaan real estate memiliki websitenya.

Fitur yang diunggulkan masing-masing website properti adalah listing yang memudahkan calon pembeli. Contohnya yaitu semua orang bisa mendapatkan listing rumah idaman dan harga murah di OLX, rumah.com, rumah123.com, lamudi.co.id, 99.co, dan lainnya.

7. Gabung dengan Asosiasi Agen Properti

Di Indonesia ada AREBI (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia) yang menaungi lebih dari 500 perusahaan broker real estate. Asosiasi properti ini sudah berdiri sejak tahun 1992 menjadi garda terdepan kode etik perusahaan dan agen properti.

Anda bisa bergabung menjadi anggota asosiasi AREBI (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia) supaya mendapat kepercayaan lebih dari calon konsumen. Kredibilitas Anda tentu saja juga akan meningkat sebagai agen properti.

Akhir Kata

Sampai di sini terlebih dahulu pembahasan dari kami yang singkat membahas tentang cara daftar menjadi agen properti. Semoga informasi yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat untuk semuanya.