Cara Menjadi Agen Penyalur TKI

Batjokes.com – Cara menjadi agen penyalur TKI. TKI atau Tenaga Kerja Indonesia adalah sebutan bagi WNI yang bekerja dan tinggal di luar negeri. Seperti Malaysia, Taiwan, Arab Saudi, dan lainnya.

Pekerjaan yang dilakukan oleh TKI tidak hanya terbatas pada profesi asisten rumah tangga (ART) saja. Melainkan juga bisa bekerja di sektor perkebunan, perawatan, pelayan restoran, operator, dan masih banyak lagi.

TKI tidak berangkat secara mandiri, melainkan disalurkan dan diberangkatkan oleh tenaga agen penyalur. Karena permintaan TKI sangat besar, menjadi agen penyalur tentu saja sangat menguntungkan.

Seperti halnya cara menjadi agen Traveloka, bila Anda ingin menjadi agen mitra penyalur TKI ke luar negeri, ada prosedur yang perlu ditaati. Selengkapnya bisa disimak pada pembahasan berikut.

Pengertian Agen Penyalur TKI

Agen penyalur TKI resmi adalah pihak yang membantu kepengurusan keberangkatan calon TKI dan TKW asal Indonesia ke luar negeri. Biasanya agen merupakan pihak resmi yang sudah memenuhi syarat dan ketentuan berlaku.

Pihak agen penyalur TKI juga bisa disebut dengan nama Perusahaan pelaksana penempatan TKI swasta (PPTKIS/PJTKI). Mereka memiliki kewenangan yang besar dalam melakukan perekrutan serta penempatan buruh migran ke luar negeri.

🔥 Trending:   Cara Menjadi Agen Es Kristal

Pada saat ditanya bagaimana cara daftarnya, bisa dikatakan bahwa untuk mendaftar jadi agen penyalur TKI cukup rumit. Bahkan sama rumitnya seperti cara menjadi agen daging Bulog atau cara menjadi agen BPNT BRI.

Tata Cara Menjadi Agen Penyalur TKI

Ini dia pembahasa tutorial mengenai cara menjadi agen penyalur TKI bagi masyarakat Indonesia. Silahkan simak panduan dan pembahasan di bawah ini yang sudah dirangkum dari berbagai referensi.

1. Membentuk Badan Usaha

Cara pertama untuk memulai bisnis menjadi agen penyalur TKI resmi adalah membentuk badan usaha. Sebaiknya Anda memiliki legalitas terlebih dahulu sehingga ke depannya akan mudah mendapatkan izin dari pemerintah.

Bentuklah badan usaha bisa berupa CV atau firma, ini juga akan menarik minat banyak calon TKI dan pengguna jasa seperti Anda. Untuk permohonannya bisa diajukan ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang ada di masing-masing daerah.

2. Temukan SDM Kompeten

Apabila Anda ingin memiliki usaha penyalur tenaga kerja kompeten, tentu saja Anda harus memiliki sumber daya manusia yang kompeten juga. Anda perlu menyiapkan berbagai hal untuk menyaring, dan merekrut para calon TKI.

Proses seleksi juga menjadi sangat penting untuk dilakukan supaya nantinya kita bisa memberikan kualitas dan memenuhi permintaan akan TKI dan TKW. Kebutuhan para klien yang berada di luar negeri menjadi hal yang perlu diutamakan.

🔥 Trending:   Cara Menjadi Agen Dakota Cargo

3. Data dan Latar Belakang TKI

Perhatikan pula latar belakang, status, pendidikan dan juga data diri dari calon Tenaga Kerja Indonesia yang ingin Anda rekrut. Hal ini sangat penting karena jika nanti klien Anda menginginkan pembantu dengan kriteria tertentu.

Cermati juga asal-usul mereka, lihat apakah mereka pernah memiliki kelakuan buruk atau tidak. Bila perlu, Anda juga bisa minta syarat surat kelakuan baik yang diterbitkan oleh pihak kepolisian Republik Indonesia.

4. Buka Kantor Agen

Setelah memiliki surat izin atau badan usaha resmi, dan memiliki calon tenaga kerja yang siap, Anda bisa membangun kantor agen di tempat strategis. Kantor ini bisa jadi tempat pendaftaran atau tempat TKI untuk tinggal sementara.

Sementara itu Anda bsia mencari negara mana tempat untuk disalurkan. Temukan juga tempat dengan banungan yang layak huni, tidak perlu mewah asal layak huni dan cukup untuk digunakan sebagai tempat berlindung dari hujan.

Kenapa Harus PJTKI Resmi?

Ada beberapa alasan yang membuat calon TKI wajib memilih PJTKI resmi agar bisa disalurkan kerja di luar negeri. Apa saja? Berikut beberapa ulasannya.

1. Dokumen Terjamin Legal

Anda akan mendapatkan dokumen menjadi TKI legal yang resmi. Dokumen Tenaga Kerja Indonesia tersebut akan menjamin Anda dari segi hukum. Apabila dokumen Tenaga Kerja Indonesia yang Anda miliki lengkap dan legal, tentu saja sebagai TKI Anda akan terhindar dari bahaya deportasi dan resiko lain yang serupa.

🔥 Trending:   Cara Menjadi Agen Cargo

2. Terdaftar Pada Disnaker

Nama Anda akan terdaftar pada Dinas Ketenagakerjaan. Dengan begitu, apabila di kemudian hari terdapat kendala-kendala mengenai dokumen TKI dan permasalahan lainnya terhadap Anda, pemerintah Indonesia dapat memberikan bantuan secara langsung tanpa hambatan kepada Anda.

3. Mendapat Jaminan dan Bantuan Hukum

Saat Anda terjerat masalah yang berkaitan dengan hukum di wilayah negara asing, maka Anda bisa memperoleh jaminan dan bantuan hukum yang baik dari pemerintah Indonesia. Bahkan Anda juga bisa mendapatkan hak untuk didampingi oleh pengacara resmi saat sistem peradilan sedang berlangsung.

Tentu saja Pemerintah Republik Indonesia akan melakukan upaya bantuan secara optimal apabila Anda terdaftar sebagai TKI legal yang disalurkan oleh agen yang resmi.

Akhir Kata

Pembahasan soal tata cara menjadi agen penyalur tki mungkin sampai di sini terlebih dahulu.Batjokes berharap pembahasan yang disampaikan di atas bisa bermanfaat khususnya bagi yang ingin jadi agen penyalur TKI.