Cara Menjadi Agen Pakan Ternak

Batjokes.com – Cara menjadi agen pakan ternak. Bagi seoarang peternak, memiliki ternak yang berkualitas tentu menjadi nilai utama yang harus diperjuangkan agar mendapat keuntungan lebih banyak.

Adapun hewan atau binatang yang bisa dijadikan ternak antara lain sapi, ayam, bebek, kambing, domba, dan masih banyak lagi. Semuanya tergantung pada wilayah demografi masing-masing.

Salah satu cara supaya bisa mendapatkan ternak berkualitas tinggi adalah memberinya pakan yang juga berkualitas. Hal ini tentu membuat peluang bisnis menjadi agen pakan ternak sangatlah menguntungkan.

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara menjadi agen Nasa yang sudah diulas sebelumnya. Apabila Anda ingin tahu tips dan cara menjadi agen pakan ternak, di sini kami akan menjelaskannya.

Apa Itu Agen Pakan Ternak?

Agen pakan ternak adalah pihak yang membantu pemasaran, distribusi, dan penjualan pakan ternak dari konsumen ke reseller, distributor, atau pengecer dan bahkan ke konsumen langsung.

Pakan ternak yang dijual juga beragam, pakan kasar, penguat atau konsetrat, fermentasi, mineral, vitamin, dan pakan tambahan. Masing-masing dibutuhkan oleh ternak sebagai nutrisi agar bisa tumbuh.

Biasanya agen akan mendapatkan pasokan barang pakan dari produsen dengan harga murah. Sehingga ketika dijual kepada konsumen mereka akan mendapatkan margin keuntungan berlimpah.

🔥 Trending:   Cara Menjadi Agen Aqua Galon

Cara Menjadi Agen Pakan Ternak

Tanpa banyak bicara ini itu lagi, yuk langsung saja kita baca sama-sama cara menjadi agen pakan ternak yang tak jauh berbeda dengan cara menjadi agen TIKI. Anda bisa menyimak ulasannya pada pembahasan berikut.

  1. Pertama tentu saja melakukan riset pasar terlebih daulu agen akan membeli barang ke distributor mana.
  2. Usahakan untuk bertanya ke penanggung jawab supplier atau penyedia pakan ternak.
  3. Pertanyaan tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah mungkin barang yang tidak laku bisa ditukar atau tidak.
  4. Tanyakan juga bagaimana cara pembayaran apakah tunai, kredit, giro bank, maupun yang lainnya.
  5. Setelah itu calon agen pakan ternak harus merencakan sebaik mungkin tempat lokasi usaha.
  6. Usahakan tempat penjualan pakan ternak sebagai agen mudah dijangkau pembeli dan konsumen.
  7. Pembeli biasanya juga cukup sensitif terhadap harga.
  8. Maka dari itu agen harus mengetahui harga barang di grosir-grosir kompetitor yang menjual barang sejenis.
  9. Pasalnya para konsumen pasti akan selalu membandingkan harga ketika membeli pakan ternak.

Tips Memulai Bisnis Pakan Ternak

Ketika Anda ingin memulai bisnis pakan ternak menjadi agen atau reseller, tentu saja harus dilakukan dengan persiapan yang matang. Dalam hal ini, ada beberapa tips yang mungkin bisa Anda ikuti dan praktekkan.

1. Berani

Ingat, Anda tidak boleh takut untuk memulai usaha atau bisnis pakan ternak. Meski nantinya dalam memulai usaha berpotensi mengalami kerugian, Anda harus siap sebagai alternatif bila tak mendapat untung.

🔥 Trending:   Cara Daftar Agen Pospay

Hal ini bergantung pada kerja keras Anda sebagai agen. Apabila agen belum siap untuk menjadi seorang agen, boleh memulai jadi reseller atau pedagang eceran terlebih dahulu dengan skala bisnis lebih kecil.

2. Agen Offline dan Online

Pada masa sekarang segala bentuk usaha dilakukan secara online, dan Anda pun harus selalu mengikuti perkembangan zaman. Termasuk jadi agen pakan ternak, Anda bisa membuka dua jenis toko atau usaha, yaitu offline dan online.

Dengan keduanya, Anda akan semakin banyak menjangkau pelanggan, tentus aja bisnis agen pakan ternak online tidak butuh modal. Bila Anda belum punya banyak modal, mungkin di awal juga bisa mengesampingkan jenis bisnis offine.

Cara lainnya yaitu membuka agen pakan ternak di rumah pribadi sendiri. Caranya agen hanya perlu menyiapkan beberapa etalase kecil untuk memajang barang dagangan yang bisa dilihat oleh para pembeli.

3. Promosi

Meski sudah menjadi agen pakan ternak yang mungkin mendapat banyak keuntungan, promosi tetap wajib dilakukan. Agen dapat memulai promosi mulai dari kerabat dekat, rumah tangga, dan teman-teman lainnya.

Biasanya orang-orang tersebut mungkin juga terjun di dunia bisnis peternakan tak segan menawarkan usaha kita kepada orang lain. Hal ini tentu juga bisa jadi peluang mendapatkan konsumen lebih banyak lagi.

Akhir Kata

Mungkin pada kesempatan ini cukup sekian pembahasan artikel di atas yang sudah kami ulas mengenai cara daftar menjadi agen pakan ternak. Semoga informasi di atas bisa membuat kita paham caranya jadi agen pakan ternak.