Cara Menjadi Agen Frozen Food

Batjokes.com – Cara menjadi agen Frozen Food. Makanan beku atau frozen food merupakan salah satu jenis makanan yang sangat diminati oleh ibu-ibu dan disukai oleh anak-anak.

Di pinggir jalan, toko, ruko, minimarket, atau supermarket, sudah banyak pengecer frozen food berbagai merk. Masing-masing menawarkan rasa dan bentuk berbeda, dengan harga bervariasi.

Anda pun juga berkesempatan menjadi penjual, reseller, atau agen frozen food sebagai bisnis. Dengan menjadi agen, tentu saja Anda bisa memperoleh keuntungan dari setiap produk yang berhasil dijual.

Bagi yang ingin mengetahui cara dan tips menjadi agen frozen food, khususnya para pemula, Anda bisa menyimak informasinya di bawah ini. Kami akan menjelaskannya kepada Anda secara lengkap.

Apa Itu Agen Frozen Food

Agen frozen food adalah agen, reseller, atau distributor yang membantu produsen makanan beku memasarkan produknya. Seorang agen akan membeli produk dalam jumlah banyak pada setiap periode tertentu.

Karena membeli dalam jumlah banyak, maka harga yang diberikan oleh produsen frozen food akan lebih murah. Dengan demikian agen bisa menjualnya kembali supaya mendapatkan keuntungan bisnis.

🔥 Trending:   Cara Daftar Agen Travel

Sama halnya dengan cara menjadi agen Best Meat, produk yang dijual agen frozen food adalah makanan beku. Meski bisa bertahan agak lama, namun jangan sampai makanan tersebut kadaluarsa dan menjadi basi.

Tips dan Cara Menjadi Agen Frozen Food

Sama halnya dengan cara menjadi agen MS Glow, untuk jadi agen frozen food ada beberapa tahapan yang perlu diperhatikan. Anda bisa menyimak seluruh informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Jadi Distributor atau Beli Franchise

Ketika awal memulai bisnis, putuskanlah apakah Anda ingin beli waralaba franchise frozen food, beli inventori dari supplier, atau membangun brand frozen food sendiri. Masing-masing memiliki kelebihan dan keunggulan masing-masing.

Beli franchise artinya Anda harus sadar bahwa Anda akan menjual produk dari perusahaan lain. Sementara jadi mitra agen atau distributor berarti Anda tidak perlu melakukan product development, dan jika produksi sendiri Anda harus siap lebih capek.

2. Biaya dan Modal

Banyak pengusaha frozen food terjun dalam bisnis tanpa memperhatikan aspek finansial. Ketika baru memulai bisnis, beberapa hal mugkin tampak sederhana. Tapi, Anda harus tetap memerlukan pembukuan untuk mencatat seluruh transaksi keuangan.

Dari modal membeli bahan baku, membuat kemasan, listrik, gudang penyimpanan, peralatan lainnya. Tuangkan juga fokus pada biaya, potensi pendapatan, tipe produk, biaya legal, dan hal-hal yang diperlukan lainnya.

🔥 Trending:   Cara Menjadi Agen Sari Roti

3. Rencana Bisnis

Rencana bisnis tertuang ketika Anda menguraikan semua ide, strategi, dan tujuan Anda. Tidak perlu membuat rencana bisnis profesional, buat saja yang mudah Anda mengerti dan jalankan bersama tim.

Seperti siapkan target marketing Anda, brand position, harga retail, dan sebagainya. Jangan lupa tulis seluruh hal yang akan bermanfaat untuk mengembangkan usaha frozen food Anda.

4. Memilih Suplier

Cara menjadi agen frozen food lainnya yaitu cari supplier yang bisa membantu Anda berkembang dengan baik. Hubungi mereka dan perhatikan sistem kerja sama serta harga paket keagenan yang mereka tawarkan.

Silahkan lakukan pertemuan secara langsung dan tanyakan pertanyaan seperti harga grosir, cara penyimpanan, product knowledge, training, pengiriman inventori, bantuan after sales, dan masih banyak lagi.

5. Tentukan Produk

Tentukan juga produk frozen food apa yang Anda ingin jual. Ada banyak pilihan yang bisa dijadikan produk, seperti sosis, bakso, siomay, bakpao, nugget, risol, donat beku, buah beku, empek-empek, kentang goreng, dan lainnya.

Produk apapun bisa jadi pilihan Anda, tapi pastikan mereka memiliki rasa yang enak dan diminati khususnya oleh ibu-ibu serta anak-anak. Perhatikan pula apakah supplier Anda memenuhi kebutuhan produk tersebut atau tidak.

6. Pemasaran dan Distribusi

Marketing atau pemasaran sangatlah dibutuhkan untuk memaksimalkan bisnis, tanpa terkecuali bisnis frozen food. Jika tidak ada pemasaran, maka tidak akan ada yang tahu bisnis frozen food Anda.

🔥 Trending:   Cara Menjadi Agen Sosis

Dalam dunia online, Anda bisa menggunanan digital marketing agency atau tools pemasaran digital. Seperti sosial media (Instagram ads, Facebook ads), iklan di berbayar di mesin pencarian (Google ads), email marketing (newsletter), berjualan di ecommerce (Tokopedia/Shopee), content marketing (artikel di blog).

7. Pelajari Kompetitor

Apa yang Anda lakukan jauh lebih baik dari kompetitor? Mulai dari kemasan, cara pemasaran, varian produk, harga, pengiriman, branding, dan lainnya? Berbagai hal perlu Anda pelajari adri kompetitor.

Persaingan dalam bisnis frozen food memang tidak mudah. Anad tidak boleh menghindar, melainkan harus semangat terus belajar sembari meningkatkan kualitas bisnis Anda supaya lebih baik dari kompetitor.

Akhir Kata

Sampai di sini terlebih dahulu pembahasan dari kami yang singkat membahas tentang cara daftar menjadi agen frozen food. Semoga informasi yang sudah kami sampaikan bisa bermanfaat terutama bagi yang ingin jadi agen frozen food.