Cara Menjadi Agen Fashion Online

Batjokes.com – Cara menjadi agen fashion online. Setiap orang butuh pakaian, karena itu merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh berbagai kalangan masyarakat.

Tapi bukan cuma memenuhi kebutuhan saja, dalam hal membeli pakaian seseorang juga perlu memperhatikan fashion atau trend masa kini. Semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya menjaga fashion.

Tak heran bila produk baju, celana, tas, sepatu, topi, dan aksesori terus menjadi buruan. Bisnis di bidang fashion jelas tidak akan mati dan justru akan terus berkembang sampai kapanpun.

Seperti cara menjadi reseller baju, bila Anda menjadi agen fashion online tentu akan mendapat berbagai keuntungan. Tapi, simak dulu syarat, tips, dan prosedur cara menjadi agen fashion di bawah ini.

Pengertian Agen Fashion Online

Agen fashion online adalah pihak yang menjadi reseller dan bertugas melakukan pemasaran produk fashion kepada masyarakat. Pemasaran khususnya dilakukan secara online melalui media sosial atau online shop.

Biasanya produk fashion tidak memiliki atau membuka program kemitraan, sehingga agen hanya bisa membeli produk fashion paket keagenan. Paket keagenan ini menawarkan harga murah untuk pembelian dalam jumlah banyak.

🔥 Trending:   Cara Daftar Agen Premium Payfazz

Sama halnya dengan cara menjadi reseller sepatu, agen akan mendapatkan keuntungan dari margin beli dan jual. Karena harga belinya lebih murah dibanding harga pasaran, maka agen tak akan kesulitan mendapatkan keuntungan.

Cara Daftar Menjadi Agen Fashion Online

Tidak jauh berbeda dengan cara menjadi agen susu Diamond, untuk jadi agen fashion online terdapat beberapa tips dan hal yang perlu diperhatikan. Berikut ulasannya yang bisa Anda simak.

1. Pilih Produk Fashion

Pertama-tama tentu Anda harus memilih produk fashion dengan kualitas bagus. Perhatikan juga kualitas jahitan jangan sampai ada kecacatan, bahan baju yang nyaman, warna tidak mudah luntur, dan lainnya.

Bila fashion baju atau celana yang Anda jual sebagai agen online bagus, tentu saja banyak konsumen yang akan percaya dan membeli kepada Anda. Tapi jika tidak, maka Anda justru akan mendapatkan reputasi jelek.

2. Pahami Sistemnya

Untuk menjadi distributor atau reseller langsung dari pabrik fashion, Anda perlu memahami sistem pabriknya. Seperti pada reseller skincare, perhatikanlah syarat apa yang diperlukan, berapa biaya yang dijeluarkan, dan minimal pemesanan.

Perhatikan juga apakah ada ketentuan pengambilan baju, target penjualan dari pabrik yang Anda ajak bekerja sama, dan lainnya. Bila ada keterangan yang kurang jelas, Anda bisa menghubungi pihak pabrik di hari kerja.

3. Periksa Legalitas Pabrik

Jangan lupa Anda juga harus memastikan legalitas pabrik karena hal ini sangat penting untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Contohnya berkaitan dengan izin pabrik dan penjualan produk yang tidak resmi.

🔥 Trending:   Cara Menjadi Agen Wifi.id

Apabila pabrik yang Anda ajak kerja sama tidak memiliki izin sama sekali, maka sebaiknya urungkan niat Anda jadi agen fashion di sana. Pasalnya pabrik ilegal akan membuat suplai produk fashion Anda menjadi terhambat.

4. Pendaftaran

Ketika Anda sudah menemukan pabrik fashion yang tepat untuk diajak bekerja sama, maka langkah berikutnya adalah Anda perlu melakukan pendaftaran. Biasanya pabrik memiliki aturan dan syarat yang berbeda-beda.

Anda perlu menyiapkan fotokopi KTP, kartu keluarga, dan rekening koran selama 3 bulan terkahir. Jangan lupa data tersebut harus diisi denganbenar pada formulir yang sudah disediakan masing-masing pabrik.

5. Pilih Fashion Sesuai Target Pasar

Pabrik fashion biasanya tidak membuat satu model saja, maka dari riset yang Anda buat tentukanlah produk sesuai target pasar. Misalnya target pasar Anda adalah anak-anak, maka Anda bisa menjadi agen baju dengan model anak-anak.

Sebagai pemula, sebaiknya Anda fokus mengerjakan satu model saja terlebih dahulu. Apabila Anda sudah memiliki resleler maka sesuaikan dengan kebutuhan reseller mau model baju apa yang mereka butuhkan.

6. Jalin Kerja Sama dengan Reseller

Cara menjadi agen fashion online berikutnya adalah menjalin kerja sama dengan pedagang dan reseller skala kecil sampai besar. Makin luas jaringan kerja sama bisnis Anda, maka makin bagus untuk distribusi.

Selain akan mudah mendistribusikan barang sesuai kebutuhan, Anda juga bisa membuka kesempatan pekerjaan bagi reseller dan dropshipper. Sehingga, target penjualan Anda pun bisa tercapai segera.

🔥 Trending:   Cara Menjadi Agen Properti

7. Tentukan Daerah Pemasaran

Setiap distributor perlu menentukan dan mengenal daerah pemasarannya. Dengan mengenal daerah pemasaran, maka Anda dapat menentukan kebutuhan dan keinginan pasar konsumen di daerah tersebut.

Misalnya di daerah A keinginan tertinggi adalah baju muslim, sedangkan daerah lainnya adalah baju kerja. Dngan mengetahuinya, Anda bisa memetakan fashion yang Anda ambil dari pabrik dan menyalurkan ke reseller daerah tersebut.

Akhir Kata

Untuk sementara sukup sekian informasi cara daftar menjadi agen fashion online seperti yang sudah dijelaskan di atas. Silahkan ikuti tips dan cara di atas untuk menjadi agen fashion online yang sukses.