Cara Menjadi Agen Ekspedisi

Batjokes.com – Cara menjadi agen ekspedisi. Di masa sekarang bisnis menjadi agen jasa ekspedisi atau pengiriman barang dan dokumen sangat diminati masyarkat, baik perorangan atau badan usaha.

Terlebih mengingat semakin merebaknya tren belanja online, membuat bisnis jasa ekspedisi menjadi semakin dibutuhkan. Tak heran seorang agen bisa meraup hingga puluhan juta sampai ratusan juta rupiah tiap bulannya.

Ada banyak jasa ekspedisi di Indonesia yang membuka program keagenan atau kemitraan. Di antaranya JNE, Pos Indonesia, J&T Express, Ninja Express, Wahana, TIKI, dan masih banyak lagi.

Bila Anda ingin tahu cara menjadi agen ekspedisi, Anda harus tahu tips dan langkah-langkahnya seperti halnya cara menjadi agen Best Meat. Di kesempatan ini kami akan mengulas informasinya secara lengkap.

Apa Itu Agen Ekspedisi

Agen ekspedisi adalah pihak mitra yang bekerja sama secara resmi dengan perusahaan jasa ekspedisi. Seorang agen akan membantu proses pengiriman dan penerimaan barang dengan cara mendatanya.

Jadi tugas agen ekspedisi hanya berada di kantor saja, tidak langsung melakukan pengiriman barang seperti halnya kurir. Namun, keuntungan yang diperoleh dari seorang agen akan meningkat seiring transaksi yang semakin besar.

Berbagai contoh keagenan ekspedisi yang ada di Indonesia, di antaranya yaitu agen SiCepat, agen Lion Parcel, agen JNE, dan masih banyak lagi yang lainnya. Masing-masing menawarkan keuntungan dan komisi yang berbeda.

Syarat dan Ketentuan Umum

Biasanya perusahaan jasa ekspedisi menetapkan sejumlah syarat dan ketentuan umum bagi yang ingin mendaftar jadi agen. Meliputi syarat administrasi, lokasi usaha, karyawan, dan kelengkapan kantor.

Berikut rincian hal-hal yang perlu diperhatikan jika ingin jadi agen ekdpedisi JNE Express, SiCepat Ekspres, Ninja Xpress, Lion Parcel, Shipper, TIKI, dan lainnya.

  • Syarat administrasi. Agen harus menyiapkan beberapa berkas yang dibutuhkan untuk pendaftaran. Di antaranya yaitui KTP, pas foto, surat keterangan domisili usaha, sertifikat sewa tempat, foto indoor & outdoor, NPWP, SIUP, TDP, denah lokasi kantor.
  • Syarat lokasi usaha. Biasanya lokasi harus bisa diakses kendaraan roda empat, berlokasi di jalan raya perkotaan yang diapit oleh perkantoran, tempat strategis, area ruko-ruko, hingga perumahan padat penduduk.
  • Syarat karyawan. Minimal seorang calon agen harus memiliki latar belakang pendidikan SMA/sederajat. Selain itu di dalamnya juga memiliki tim meliputi administrasi, operator gudang, customer service, hingga kurir yang bertugas mengantar barang.
  • Kelengkapan kantor. Berbagai kebutuhan perkantoran diperlukan untuk mendirikan kantor agen, yaitu meja dan kursi, perangkat printer, telepon rumah, perangkat komputer, timbangan, alat-alat tulis seperti lakban, cutter, spidol, bolpoin, isolasi, gunting, stapler, amplop cokelat besar atau tanggung.

Tips dan Cara Menjadi Agen Ekspedisi

Tanpa bicara ini itu lagi, mari langsung saja kita simak pembahasan lengkap tentang cara daftar menjadi agen ekspedisi di bawah ini. Kami sudah merangkumnya dari berbagai sumber terpercaya.

1. Tentukan Target Pasar

Pada saat mengawali bisnis jasa ekspedisi, tentu saja kita harus menentukan konsumen dan target pasar yang ingin dituju. Apa saja kendala mereka sehari-hari, dan sebenarnya tujuan mereka mengirimkan barang untuk apa.

Dengan mengenal lebih dekat konsumen, maka kita bisa mengetahui apa yang benar-benar dibutuhkan oleh mereka untuk mencapai tujuan. Hal ini sudah barang pasti menjadi kewajiban setiap pengusaha.

Bagaimana mengenal calon pelanggan? Caranya dapat dilakukan dengan survei tanya kepada target pasar. Berikan pertanyaan ringan kepada mereka apakah ingin menggunakan jasa pengiriman dan sebagainya seperti di bawah ini.

  • Apa tujuan mereka pakai jasa ekspedisi pengiriman?
  • Apa kendala saat memakai jasa ekspedisi pengiriman?
  • Seperti apa profil mereka?

Kemudian Anda akan mendapatkan data lebih rinci. Supaya valid, kita juga bisa terjun langsung untuk menanyai mereka yang sesuai dengan target pasar kita.

2. Spesialisasi

Persaingan di tingkat bisnis jasa ekspedisi semakin ketat, maka cara menjadi agen ekspedisi kita harus mengandalkan sektor yang realistis supaya bisa diraih. Lebih singkatnya, yaitu sektor yang lebih spesifik.

Contohnya sebagai berikut.

  • Jasa pengiriman khusus barang tanaman hias
  • Jasa pengiriman khusus ke luar negeri
  • Jasa pengiriman khusus paket Tokopedia

Serta masih banyak lagi ide-ide lainnya. Supaya bisa mengetahui hal ini lebih detail, calon agen ekspedisi perlu riset yang detail juga, dan jawabannya bisa didapatkan dengan cara bertanya.

3. Modal Usaha

Bisnis jasa pengiriman bukan bisnis yang biasa-biasa saja, melainkan butuh perenacnaan matang dan modal mapan. Pasalnya banyak sekali kebutuhan akan usaha dan perkantoran yang wajib dipenuhi calon agen.

Modal usaha yang dibutuhkan mencakup biaya untuk membeli dan menyewa berbagai macam hal penting, seperti:

  • Biaya sewa ruko atau kantor
  • Biaya operasional
  • Biaya transportasi
  • Gaji kurir dan karyawan kantor
  • Dan masih banyak lagi

4. Lokasi Usaha

Tips mengawali dan buka usaha jasa pengiriman berikutnya yaitu menentukan lokasi usaha strategis dan menjadi pusat perhatian bagi calon pelanggan. Tahap pertama, kita bisa menyinggung tentang target pasar tanyakan tempat tinggal mereka.

Dari situ akan terlihat demografi yang dimiliki calon konsumen. Bagaimana mereka akan menjalani rutinitas sehari-hari, jalan mana yang sering dilalui, dan pada akhirnya memutuskan untuk sewa ruko di lokasi strategis.

Trik yang bisa dicoba agen ekspedisi yaitu menggandeng partner orang lokal. Biasanya mereka mengerti seluk-beluk daerah tersebut, seperti posisi kantor, harga sewa, dan masih banyak lagi, serta jangan lupa siapkan hal berikut.

  • Izin lokasi usaha
  • Harga sewa ruko
  • Kebijakan sewa ruko

5. Struktur Tim Jasa Ekspedisi

Hal yang tidak kalah penting sebagai bagian dari persiapan mengawali bisnis jasa pengiriman barang dan dokumen yaitu struktur tim yang solid. Dengan tim, Anda bisa memutar toda bisnis dengan lancar karena ada yang membantu.

Tim yang ada di sebuah kantor jasa agen ekspedisi yaitu:

  • Administrasi
  • Operator gudang
  • Customer service
  • Kurir paket

Di atas merupakan tim minimal yang terdapat pada sebuah kantor ekspedisi. Anda juga bisa menambahkannya bila diperlukan, dan masing-masing memiliki kebutuhan yang berbeda-beda jadi disesuaikan saja.

6. Badan Usaha

Apabila semuanya sudah siap, tinggal daftarkan izin usaha kita. Bisa mendaftar menjadi PT supaya lebih kredibel dan profesional sehingga menjadi semakin dipercaya oleh masyarakat dan calon konsumen.

Tapi bila mendaftar jadi agen, sebenarnya perorangan saja sudah cukup tidak perlu badan usaha. Hanya perjanjian sebagai mitra adn pemilik usaha pusatnya, dan bahkan cara menjadi agen ekspedisi akan jauh lebih praktis.

Akhir Kata

Sampai di sini terlebih dahulu pembahasan dari kami yang singkat membahas tentang cara daftar menjadi agen ekspedisi. Semoga informasi yang telah kami sampaikan bisa bermanfaat khususnya buat yang ingin jadi agen ekspedisi.