Cara Menjadi Agen e-Warung PKH

Batjokes.com – Cara menjadi agen e-Warung PKH. Elektronik warung gotong royong (e-Warong) merupakan program bantuan sosial dari pemerintah untuk menanggulangi kekurangan pangan masyarakat Indonesia.

Tidak bekerja sendiri, Elektronik warung gotong royong (e-Warong) menjadi program yang dibentuk dalam satuan sinergi. Antara Program Keluarga Harapan (PKH) dengan program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) saling bekerja sama.

Dalam hal ini, penerima bantuan adalah masyakarat umum yang berhak. Mereka mendapat bantuan dalam bentuk nontunai yang bisa digunakan untuk bertransaksi di e-Warong dengan menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Seperti halnya cara menjadi agen BPNT BRI, terdapat berbagai hal penting yagn harus diperhatikan ketika ingin jadi agen e-Warung PKH. Untuk itu di sini kami akan menjelaskannya kepada Anda.

Pengertian Agen e-Warung PKH

Berbicara mengenai agen e-Warung PKH e-Warung atau e-Warong merupakan agen bank, pedagang, dan atau pihak lain yang sudah bekerja sama dengan bank penyalur bantuan tersebut.

Mereka ditentukan sebagai tempat pembelian bahan kebutuhan pokok yang ditunjuk resmi pemerintah. Tentu saja pemerintah memiliki harapan agar masyarakat Indonesia tidak ada yang kekurangan pangan sedikitpun.

Dengan menjadi agen e-warung PKH (Program Keluarga Harapan), tentu kita tidak hanya mendapat keuntungan komisi atau profit saja. Melainkan, juga berperan mewujudkan Indonesia yang tahan pangan dan bergizi.

Syarat dan Ketentuan

Terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan dan dipenuhi oleh calon agen e-Warung PKH. Baik itu untuk agen Bank BRI, BNI, Mandiri, atau BTN, di antaranya sebagai berikut.

  • Diusulkan oleh Kelompok Usaha Bersama Jasa (KUBE Jasa) dan direkomendasikan oleh Dinas Sosial Kabupaten/Kota, ditembuskan ke Dinas Sosial Provinsi
  • Lokasi di kelurahan dan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan
  • Pernyataan bahwa rumahnya bersedia direhab dan dipergunakan untuk e-Warong KUBE selamanya atau minimal lima tahun
  • Ruangan untuk warung.
  • Foto calon warung.
  • Fotokopi KTP dan kartu kepesertaan calon pengelola warung.
  • Data pendamping yang mendampingi calon pengelola.
  • Data BNBA (By Name By Address) Peserta KUBE, PKH dan Raskin untuk mendapatkan pelayanan e-Warong KUBE
  • Usulan e-Warong KUBE PKH 1 Kecamatan untuk 1 unit.

Cara Daftar Menjadi Agen e-Warung PKH

Tak jauh berbeda dengan cara menjadi agen e-Warung BNI, berikut tata cara pendaftaran rekomendasi menjadi penyalur bantuan PKH resmi pemerintah. Silahkan Anda simak ulasannya secara lengkap di bawah ini.

Boleh dikatakan bahwa penetapan e-Warung adalah sepenuhnya menjadi hak bank penyalur masing-masing. Jadi satu-satunya cara menjadi agen e-Warung PKH adalah bertanya kepada kantor cabang bank Anda, apakah BNI, BRI, Mandiri, atau BTN.

Tentu dalam memilih agen atau mitra, terdapat beberapa kriteria yang diperhatikan. Seperti kemampuan, reputasi, kredibilitas, dan juga integritas di wilayah operasionalnya masing-masing.

Hal tersebut dibuktikan dengan lulus proses uji tuntas (due diligence) sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang dimiliki oleh Bank Penyalur. Selain itu juga memiliki sumber penghasilan tetap.

Penghasilan tersebut berasal dari kegiatan usaha yang sedang berjalan dengan lokasi usaha tetap dan atau kegiatan tetap lainnya. Terakhir, menjual bahan pangan sesuai harga pasar dan memiliki pemasok yang sudah memenuhi kriteria.

Mekanisme Penyaluran Bansos PKH

Dalam penyaluran bansos PKH, agen e-Warung harus memahami skemanya. Perlu diketahui bahwa Kemensos membatasi bantuan PKH jika dalam suatu keluarga terdapat ibu hamil, pelajar, lansia, atau disabilitas.

Penghitungan bantuan sosial PKH yang disalurkan tersebut dibatasi maksimal 4 orang dalam satu keluarga. Pembatasan penghitungan tercantum dalam Surat Keputusan Direktur Jaminan Sosial Keluarga tentang Indeks Bantuan Sosial.

Namun tentu saja kebijakan ini tidak bersifat kekal, yang artinya bisa berubah sesuai periode. Misalnya karena masa pandemi Covid-19, penyaluran PKH bisa diperluas dan jumlahnya juga ditingkatkan.

Akhir Kata

Cukup sekian artikel kami mengenai cara daftar menjadi agen e-warung pkh terbaru yang sudah dijelaskan di atas. Mudah-mudahan informasi yang disampaikan di atas bisa bermanfaat untuk kita semua.