Cara Menjadi Agen Cargo

Batjokes.com – Cara menjadi agen cargo. Cargo atau kargo merupakan jasa pengiriman darat, laut, dan udara yang melayani pengiriman dengan muatan besar ataupun kecil.

Biasanya pengiriman yang dilakukan menggunakan kargo dijalankan dengan memakai transportasi umum. Seperti kereta api, truk, kapal laut, atau bahkan pesawat terbang untuk mengirim antarpulau maupun antarnegara.

Berbeda dengan pengiriman ekspedisi pada umumnya, sistem pengiriman cargo menyebut lebih banyak dengan rata-rata berat lebih dari 10 kg. Tentu saja ekspedisi kargo memiliki beban dan biaya yang lebih besar.

Bila dikatakan apakah sama untuk cara menjadi agen ekspedisi dan agen cargo? Maka jawabannya tidak jauh berbeda. Hanya saja, mungkin operator dan perusahaan jasa ekspedisi cargo berbeda dengan ekspedisi pada umumnya.

Pengertian Agen Cargo

Agen kargo (cargo agent) merupakan pihak indiidu atau perusahaan yang memiliki badan usaha. Mereka melayani pengiriman barang secara elngkap, mulai dari pengurusan dokumen bea cukai sampai dengan penyediaan transportasi.

Tugas lain dari agen cargo juga membantu perusahaan angkutan pembawa barang mencari muatan kapal untuk diangkut dari satu negara atau negara lain. Dari transaksi jasa tersebut, biasanya agen mendapatkan komisi.

Cargo broker meskipun memainkan peran penting dalam pergerakan kargo, mereka tidak bergunsi sebagai pengirim atau carrier. Bisa dikatakan, broker atau agen hanya bekerja menentukan kebutuhan pengiriman dan menghubungkan ke pembawa barang.

Tips dan Cara Menjadi Agen Cargo

Tak jauh berbeda dengan cara menjadi agen Yakult, tentu saja terdapat tips atau hal-hal yang perlu diketahui ketika ingin jadi agen Cargo. Berikut cara dan tips menjadi agen cargo sukses untuk pemula.

1. Siapkan Sarana dan Prasarana

Bergerak di bidang jasa agen cargo, maka Anda memerlukan beberapa sarana dan prasarana pendukung. Terutama menyiapkan ruangan atau front office untuk keperluan pelanggan ataupun konsumen.

Maka cara pertama menjadi agen cargo yang sukses adalah menyiapkan kantor agen terlebih dahulu. Usahakan kantor tersebut berada di wilayah yang mudah dijangkau, strategis, dan bisa dilewati kendaraan bermuatan besar.

2. Riset Tarif Pasar

Bisnis cargo logistik dan pengiriman akan banyak bermain pada sektor harga. Maka seorang calon agen haruslah mendalaami harga pasar karena ini akan menjadi poin krusial ketika Anda mengajukan penawaran kepada pelanggan.

Tak terlepas dari kualitas layanan yang diberikan, namun dengan harga menggoda pasti pelanggan akan jadi lebih tertarik dengan layanan pengiriman yang Anda berikan sehingga transaksi pun bisa meningkat.

3. Pastikan Biaya Operasional Rutin

Selain mengetahui daftar harga yang ditawarkan pasar, Anda juga perlu mengetahui beberapa biaya operasional yagn dibutuhkan ketika mengelola bisnis agen cargo dan logistik. Bukan cuma menyoal mengenai operasional kantor dan staf saja.

Melainkan, Anda juga harus memperhatikan biaya operasional rutin lain yang harus dikeluarkan. Seperti untuk keperluan transportasi, maintenance kendaraan, hubungan dengan mitra, urusan gudang, serta lainnya.

4. Staf Andal

Setidaknya Anda akan memerlukan beberapa staf utama dalam operasional jasa cargo logistik yang Anda miliki. Pertama tentu saja untuk menerima pesanan yang bertugas di front office, lalu staf pemasaran untuk menawarkan produk.

Bagian operasional juga memerlukan staf untuk melakukan follow up dan menjawab berbagai keluhan pelanggan. Selain itu mereka juga bertugas mengurusi gudang, mitra pengiriman, serta staf gudang.

5. Sistem untuk Operasional

Seperti ketika menjadi agen SiCepat, operasional nantinya akan berjalan lancar bila memiliki SOP yang jelas. Dengan penelitian yang baik dan pengalaman, buatlah sistem operasional yang jelas, transparan, sehingga para staf bisa beradaptasi dengan baik.

Sistem ini akan menjadi acuan operasonal semua urusan bisnis agen cargo yang Anda miliki. Mulai dari penyambutan pelanggan ketika datang, pelayanan konsultasi pengiriman, pemasaran produk, pelayanan keluhan, dan lainnya.

6. Bergabung dengan Perusahaan Menjanjikan

Anda bisa dengan mudah bergabung menjadi mitra dari perusahaan cargo yang sudah tersedia. Sebagai mitra pengiriman, penjemputan, atau gudang yang akan membuat Anda menjadi lebih mudah menjalankan bisnis cargo.

Kesempatan kemitraan bisa didapat dengan mudah dengan caa langsung menghubungi nomor layanan konsumen atau nomor terkait yang ada pada website mereka. Beberapa layanan perusahaan jasa cargo di Indonesia adalah sebagai berikut.

  • Kalog
  • Prima International Cargo
  • Kargo Tech
  • JNE JTR
  • Cargonesia
  • Indah Cargo
  • Deliveree
  • RPX
  • Siba Surya
  • Dunex
  • Iron Bird Logistics
  • Dan masih banyak lagi

Akhir Kata

Cukup sekian artikel kami mengenai cara daftar menjadi agen cargo terbaru yang sudah dijelaskan di atas. Mudah-mudahan penjelasan yang disampaikan di atas bisa membuat kita lebih paham caranya jadi agen cargo.