Cara Menjadi Agen Beras

Batjokes.com – Cara menjadi agen beras. Beras adalah salah satu kebutuhan pokok masyarakat Indonesia, bahan makanan tersebut ketika dimasak akan menjadi nasi yang merupakan sumber karbohidrat utama.

Maka jangan heran bila pasokan beras benar-benar dibutuhkan di Indonesia. Setiap ada beras, pasti laku dan tentu saja masyarakat akan mencari di mana beras itu berada, penjualannya pun tak perlu promosi.

Agen beras menjadi salah satu pekerjaan yang sangat menjanjikan. Karena pada dasarnya mereka akan menjual produk yang benar-benar dibutuhkan masyarakat setiap harinya.

Tentu saja untuk jadi agen beras yang sukses, sesorang juga perlu tips dan strategi yang jitu. Pasalnya meski mudah dijual, namun kita juga perlu berpikir soal kompetitor, harga yang ditetapkan pemerintah, dan lainnya.

Apa itu Agen Beras

Perlu diketahui bahwa agen beras adalah pihak yang memasarkan dan menjual produk beras kepada masyarakat ataupun pengecer dan warung. Agen mendapat pasokan bisa langsung dari petani atau distributor.

Ada banyak merek beras yang terkenal di Indonesia dan kerap mudah ditemui di pasaran. Seperti halnya beras sania, pandan wangi, rojolele, super, sumo merah, BMW, cap bunga, organik nusa, ramos, topi koki, finna, anak raja, ikan paus, si pulen, maknyus, ngawiti mas, idola, slyp, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Masing-masing beras memiliki harga dan kualitas berbeda. Bila Anda ingin jadi agen beras, tentu saja harus siap memasok seluruh jenis beras sehingga modal atau biaya awal yang dibutuhkan juga cukup besar.

Cara Daftar Menjadi Agen Beras

Tak berbeda jauh seperti halnya cara menjadi agen So Nice, bila Anda ingin jadi agen beras tentu saja perlu mengikuti tips dan tahapan berikut. Anda bisa menyimak seluruh ulasan lengkapnya pada pembahasan berikut.

1. Siapkan Modal Usaha Beras

Tentu saja hal pertama yang harus disiapkan calon agen adalah modal usaha. Modal yang dibutuhkan mencakup biaya investasi untuk belanja stok beras, lokasi usaha bisa sewa atau beli, serta peralatan usaha.

Adapun peralatan usaha yang dibutuhkan yaitu kursi, meja, literan, wadah beras, timbangan, dan juga peralatan lainnya. Selain itu biaya operasional juga harus disiapkan, seperti upah karyawan, biaya internet, dan transportasi.

2. Pahami Seluk Beluk Beras

Sebelum terjun dalam bisnis jualan beras, disarankan menggali informasi terlebih dahulu soal manajemen bisnsi beras. Kebayakan orang mungkin berpikir untuk berjualan beras harus menjadi produsen beras.

Bila keadaan tersebut menyulitkan untk Anda, misalnya karena kemampuan masih terbatas, maka tidak ada salahnya jadi agen atau distributor. Hal ini supaya Anda bisa mengetahui seluk beluk beras dan bisnis di dalamnya.

3. Tentukan Target Pasar

Target pasar menjadi hal yang harus dipertimbangkan sebelum memulai bisnis apapun, termasuk jualan beras. Karena apabila Anda menjual suatu produk tanpa mengetahui target pasar yang dituju maka kesuksesan bisnis anda akan jauh dari kata maksimal.

Fokus target pasar Anda adalah pihak yang perlu mmemenuhi kebutuhan sehari-hari. Target pasar jadi hal yang harus dipikirkan sebelum memulai usaha. Demikian juga ketika bisnis jual beli beras ini sudah dimulai, Anda harus konsisten menjalaninya.

4. Tentukan Jenis Beras

Semakin lengkap jenis bras yang Anda jual maka kesempatan Anda menggaet lebih banyak pelanggan juga semakin besar. Biasanya para pelanggan tidak cuma mencari beras berkualitas saja, kadang juga beli beras organik, hitam, merah, dan lainnya.

Maka dari itu cobalah terlebih dahulu mengetahui jenis beras yang ingin Anda jual. Anda bisa menentukannya denagn mengenal konsumen yang ingin Anda targetkan. Seperti yang ada di sekitar tempat tinggal Anda terlebih dahulu.

5. Cari Pemasok Terpercaya

Anda juga harus mencari pemasok beras terpercaya yang bisa meberikan kulaitas terbaik dengan harga yang sesuai. Selain itu epmasok tersebut juga perlu konsisten dan bertanggung jawab terkait jumlah pasokannya.

Dengan mencari pemasok terpercaya, bisnis jualan beras Anda bisa berjalan dengan baik. Sebagai tips, pastikan Anda memilih pemasok terdekat dari daerah Anda dulu untuk mengurangi biaya transportasi.

6. Kelola Stok Beras

Cara menjadi agen beras sukses berikutnya Anda perlu mengatur stok beras. Anda harus bisa mengetahui berapa lama beras bertahan, sehingga permintaan dari pelanggan akan mampu terpenuhi dengan maksimal.

Bukan hanya itu saja, Anda juga perlu menyiapkan sistem FIFO atau First In First Out, sehingga beras yang sudah lebih dulu berada di gudang penyimpanan beras bisa lebih dulu terjual kepada konsumen.

7. Jaga Kualitas dan Pelayanan

Terakhir, Anda juga harus bisam enjaga kualitas barang dari pemasok. Pasalnya beras yang diperlukan bukan cuma beras putih, pulen, dan bersih saja. Melainkan beras juga harus bersih dari kutu dan memiliki kualitas bagus.

Pelayanan juga harus diperhatikan, karena ini menjadi kunci utama dalam kesuksesan bisnis Anda. Seperti pelayanan yang ramah, cepat tanggap, sabar, dan mau menerima keluhan serta kritik konsumen itu sangatlah penting.

Akhir Kata

Mungkin hanya cukup sampai di sini terlebih dahulu pembahasan serta penjelasan dari kami mengenai cara daftar menjadi agen beras. Semoga penjelasan yang telah kami sampaikan bisa bermanfaat terutama bagi yang ingin jadi agen beras.