Cara Menjadi Agen Asuransi

Batjokes.com – Cara menjadi agen asuransi. Asuransi merupakan salah satu bentuk pengendalian risiko. Caranya dengan mengalihkan risiko dari satu pihak ke pihak lainnya.

Dalam hal ini, transfer risiko dilakukan dari penerima polis kepada perusahaan asuransi. Artinya, bila ada kerugian yang dialami penerima polis, maka yang berwajib menanggungnya adalah perusahaan asuransi tersebut.

Ada banyak sekali contoh dan macam-macam asuransi yang ada di Indonesia. Di antaranya seperti asuransi jiwa, kesehatan, kendaraan, kepemilikan rumah, pendidikan, bisnis, dan bahkan asuransi umum.

Menjadi agen asuransi jelas merupakan bisnis yang menguntungkan seperti halnya cara menjadi agen properti. Bagi yang ingin mendaftar jadi agen asuransi, bisa menyimak informasinya di bawah ini.

Pengertian Agen Asuransi

Agen asuransi adalah pihak yang bekerja sendiri atau pada badan usaha. Tugasnya adalah atas nama perusahaan asuransi atau asuransi syariah memasarkan produk asuransi apabila dirinya telah memenuhi syarat dan ketentuan berlaku.

Dalam menjalankan tugasnya, seorang agen asuransi memiliki tanggung jawab memasarkan dan menjual jasa asuransi untuk jaminan kerugian. Seperti yang disebabkan karena sakit, kecelakaan mobil, kebakaran, gempa bumi, dan sebagainya.

Pada umumnya, komisi atau profit yang diperoleh agen asuransi tergantung dari berapa jumlah polis yang berhasil dia peroleh setiap bulannya. Komisinya juga sesuai API (annual premium income) atau pendapatan premi tahunan, sekitar 5-30%.

Tugas dan Cara Kerja Agen Asuransi

Seorang agen asuransi akan diberikan tanggung jawab yang cukup besar, tapi juga mempertahankankredibilitas perusahaan di mata nasabah. Tugasnya dibagi menjadi beberapa bagian, seperti penjelasan berikut.

1. Kepada Diri Sendiri

Seorang agen asuransi harus terus belajar mengembangkan diri agar dapat mengikuti perkembangan zaman. Selain itu juga agar agen bisa memahami apa yang dibutuhkan banyak orang pada saat ini.

2. Kepada Perusahaan

Tugas agen asuransi adalah menguasai produk asuransi dan latar belakang perusahaan. Selain itu target capaian yang harus dipenuhi sesuai kesepakatan juga menjadi pokok yang harus diselesaikan.

3. Tugas kepada Nasabah

Supaya bisa tetap menjaga hubungan baik, agen asuransi tidak akan diperkenankan meninggalkan nasabah yang sudah memegang polis asuransi. Diusahakan untuk tetap menjaga komunikasi dan menjadi sosok sulutif yang membantu segala keluhan dan pertanyaan nasabah.

4. Tugas kepada Masyarakat

Agen asuransi juga memiliki tanggung jawab menyampaikan informasi valid dan benar kepada masyarakat mengenai produk asuransi. Eduakasi ini akan membuat masyarakat sadar terhadap pentingnya asuransi bagi kehidupan mereka.

Syarat Menjadi Agen Asuransi

Pemerintah menetapkan beberapa syarat untuk Anda yang ingin jadi agen asuransi. Dalam peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 69/POJK.05/2016, disebutkan bahwa agen asuransi harus melengkapi syarat berikut:

  • Memiliki sertifikat keagenan sesuai dengan bidang usaha
  • Terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan
  • Terdaftar dalam asosiasi agen asuransi (Asosiasi Asuransi Jiwa indonesia)
  • Mematuhi kode etik yang ditetapkan oleh asosiasi atau perusahaan asuransi

Cara Daftar Menjadi Agen Asuransi

Berbeda dengan cara menjadi agen minyak goreng Tropical, untuk jadi agen asuransi ada banyak prosedur dan tahapan yang agak rumit. Tapi, Anda bisa menjalaninya asal mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Mendatangi agen asuransi atau kantor (cabang/pusat) perusahaan asuransi jiwa.
  2. Setelah itu, calon agen bisa mendaftar sebagai agen asuransi jiwa, kesehatan, kendaraan, dan lainnya.
  3. Mengikuti pelatihan dasar mengenai asuransi yang didaftarkan tersebut.
  4. Mengikuti serta lulus ujian sertifikasi yang biasanya diadakan oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).
  5. Mengikuti peraturan dari perusahaan asuransi yang telah bermitra dengan Anda.

Perlu diketahui juga, berdasarkan Pasal 27 PP No. 73 Tahun 1992 yang menyebutkan sebagai berikut:

  • Setiap agen asuransi hanya dapat menjadi agen dari satu perusahaan asuransi saja.
  • Agen asuransi wajib memiliki perjanjian keagenan dengan perusahaan asuransi yang diageninya.
  • Semua tindakan agen asuransi yang berkaitan dengan transaksi asuransi menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi yang diageninya.
  • Agen asuransi dalam menjalankan kegiatannya harus memberikan keterangan yang benar dan jelas kepada calon tertanggung tentang program asuransi yang dipasarkan dan ketentuan isi polis, termasuk hak dan kewajiban calon tertanggung tersebut.

Komisi dan Penghasilan Agen Asuransi

Agen asuransi bisa mendapatkan komisi dengan perhitungan gaji didasarkan pada Annual Premium Income (API) atau pendapatan premi per tahun. Cara menghitungnya berdasarkan jumlah total premi secara tahunan.

Contohnya Anda dapat 50 nasabah dalam satu tahun dengan pembayaran premi asuransi Rp 500 ribu per bulan atau premi tahunan Rp 6 jut. Dari sini, Anggap manfaat investasi yang didapatkan yaitu Rp 5 juta.

API: 50 x Rp 5 juta = Rp 250 juta

Maka dari perhitungan API, penghasilan atau komisi yang didapatkan adalah 30% dari Rp 250 juta, menjadi Rp 75 juta per tahun.

Keuntungan Menjadi Agen Asuransi

Apabila Anda menjadi agen asuransi pada sebuah perusahaan atau mandiri secara online, akan ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh. Di antaranya sebagai berikut.

  • Kepuasan secara emosional menjadi agen asuransi, karena dapat membantu klien mengatasi masalah keuangan akibat biaya pengobatan, biaya perbaikan rumah, sampai reparasi mobil yang mahal.
  • Penghasilan bulanan agen asuransi yang bisa mencapai belasan bahkan puluhan juta rupiah.
  • Beberapa agen asuransi jiwa yang sukses, bahkan bisa dengan mduah mencetak penghasilan mencapai ratusan juta setiap bulan.
  • Bonus liburan ke luar negeri bahkan sampai dengan penghargaan yang prestigious.
  • Waktu kerja menjadi agen asuransi lebih fleksibel dan memungkinkan untuk meningkatkan karier dalam waktu relatif cepat (berkisar antara 3-5 tahun).
  • Terus diperbaharui dengan pengetahuan-pengetahuan di bidang keuangan dan cara berkomunikasi (terutama dalam hal memasarkan produk).

Akhir Kata

Untuk sementara sukup sekian informasi cara daftar menjadi agen asuransi seperti yang sudah dijelaskan di atas. Anda dapat mengikuti tips yang dijelaskan pada ulasand i atas untuk dapat menjadi agen asuransi online.