Cara Daftar Agen PLN

Batjokes.com – Cara daftar agen PLN. Kebutuhan listrik masyarakat Indonesia dipasok oleh PLN, mulai dari kalangan industri atau rumah tangga, masing-masing memiliki porsi listrik yang berbeda.

Karena jumlah penduduk Indonesia mencapai ratusan juta jiwa dan terus bertambah, tentu saja PLN akan kerepotan mengelola jika mengandalkan pegawainya saja. Untuk itulah mereka membuka program kemitraan atau keagenan.

Agen PLN akan ditugaskan untuk membantu transaksi pembelian listrik di PLN. Biasanya ada banyak pemilik toko kelontong yang menjadi agen listrik atau token listrik di berbagai wilayah Indonesia.

Menjadi agen token listrik sebenarnya juga bisa dilakukan dengan cara daftar agen Payfazz. Tapi bila Anda ingin jadi agen resmi supaya dapat harga lebih murah dan dipercaya, berikut informasi registrasi selengkapnya.

Apa itu Agen PLN

Agen PLN adalah mitra atau agen yang bekerja sama dengan Perusahaan Listrik Negara secara resmi untuk melakukan transaksi isi ulang atau topup token pulsa. Dengan menjadi agen, Anda bisa menjual ulang pulsa kepada konsumen.

Pulsa atau token listrik yang Anda dapatkan dari PLN harganya jauh lebih murah dibanding beli kepada penjual di konter pulsa atau pengecer. Hal ini akan memberikan keuntungan kepada Anda.

Selisih harga yang didapat dari pembelian di PLN dan penjualan kepada pembeli atau konsumen itulah yang menjadi keuntungan Anda. Bila jumlah transaksi harian token listrik meningkat, maka Anda bisa memperoleh keuntungan semakin banyak.

Cara Daftar Menjadi Agen PLN

Ini dia tutorial dan panduan prosedur cara daftar menjadi agen PLN terbaru. Simak ulasan serta panduan lengkapnya yang telah kami sadur dari berbagai sumber terpercaya di bawah ini.

Perlu diketahui, cara membuka loket pembayaran listrik online di rumah atau menjadi agen PLN saat ini tidak bisa langsung ke PLN. Melainkan, kita dapat mendaftar menjadi sub agen dari perusahaan yang sudah menjadi mitra pembayaran PLN.

Cara menjadi agen listrik PLN, Telkom, atau PDAM kadang menjadi bersamaan. Salah satunya adalah Payfazz, Paytren, sampai dengan PPOB Bank BTN yang siap melayani transaksi jual beli token listrik masyarakat di rumah.

Pendaftarannya harus dilakukan pada masing-masing website tersebut. Bila sudah registrasi, Anda dapat langsung membeli token listri isi ulang untuk kemudian dijual lagi kepada pelanggan dengan harga lebih tinggi.

Supaya proses menjadi sub agen PLN lebih baik, maka ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Tujuannya agar proses bisnis dapat berlangsung tanpa kendala, berikut beberapa di antaranya.

1. Smartphone

Smartphone dibutuhkan untuk mendukung Anda menjadi agen token listrik PLN. Anda harus memiliki smartphone karena di dalamnya akan digunakan untuk download dan mengoperasikan aplikasi agen resmi PLN di atas.

Anda bisa menggunakannya untuk jualan token listrik, pulsa elektrik, dan lain sebagainya. Untuk memudahkan berjualan, Anda juga bisa memfasilitasi dengan memanfaatkan WhatsApp, Telegram, Instagram, dan Facebook.

2. Printer

Selain smartphone, Anda jgua butuh alat pendukung lainnya yaitu printer. Sebenarnya ini opsional, namun printer dibutuhkan karena kadang ada konsumen yang ingin meminta struk.

Jika ada yang selesai bertransaksi dan meminta struk pembelian, maka printer ini sangatlah berguna. Tapi Anda bisa menghemat budget dengan menyediakan bon atau struk kertas yang ditulis manual.

Akhir Kata

Demikian pembahasan singkat dari kami mengenai cara mendaftar agen pln. Anda bisa langsung kontak PLN apabila menemui kendala pada saat melakukan registrasi secara online atau lewat kantor PLN.