Cara Daftar Agen J&T

Batjokes.com – Cara daftar agen J&T. Jasa kurir atau pengiriman barang dan dokumen di masa sekarang semakin diminati. Apalagi adanya pandemi membuat banyak orang beralih ke kegiatan online.

Salah satu perusahaan jasa pengiriman barang atau ekspedisi yang paling terkenal di Indonesia adalah J&T Express. Dalam beberapa tahun terakhir saja, perkembangan perusahaan ini sadah sangat pesat.

J&T Epxress juga membuka peluang bisnis atau usaha kepada masyarakat, sama halnya dengan agen Pos Indonesia. Tentu saja bila Anda berminat, harus melalui beberapa tahapan supaya bisa resmi menjadi mitra.

Namun Anda tak perlu khawatir, karena pada dasarnya cara daftar dan menjadi agen J&T sangatlah mudah dilakukan. Syarat dan ketentuan serta modal awal yang dibutuhkan juga tidak terlalu membebani.

Pengertian Agen J&T

Agen J&T Express merupakan pihak mitra yang bekerja sama dengan J&T Express dalam melakukan pengiriman dan penerimaan barang. Agen beroperasi di setiap wilayah biasanya hanya ada satu, kecuali wilayah itu sangatlah luas.

Tugas seorang mitra J&T Express adalah melayani konsumen yang ingin melakukan pengiriman barang, mereka akan mencatat orderan konsumen ke sistem sehingga bisa diproses. Agen juga bertanggung jawab mendata kiriman barang atau dokumen yang masuk.

Komisi yang Didapat Agen J&T

Adapun biasanya Agen J&T Express akan mendapatkan komisi senilai 20% dari total transaksi. Jika melihat berapa banyaknya transaksi pengiriman dan penerimaan barang setiap hari, tentu saja keuntungan yang didapatkan sangat luar biasa.

Biaya Modal Awal Daftar Agen

Ditambah, modal untuk menjadi agen J&T Express tidaklah terlalu besar. Bisa dimulai dengan biaya pendaftaran atau registrasi awal senilai Rp 10-20 juta saja dan pembayarannya bisa dilakukan secara transfer.

Biaya modal awal tidak akan dibayarkan pada saat registrasi, melainkan ketika Anda sudah memastikan diri diterima menjadi mitra keagenan J&T Express. Tentu saja jika Anda telah memenuhi syarat, ketentuan, dan rangkaian registrasi.

Syarat dan Ketentuan Daftar Agen J&T

Sebelum lanjut mendaftar agen J&T, tentu saja ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipahami. Apa saja? Simak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah ini.

1. Syarat Dokumen

  • Mengisi formulir pendaftaran keagenan J&T Express (aplikasi pengajuan)
  • KTP yang masih berlaku (e-KTP)
  • NPWP
  • Pas foto berwarna dengan ukuran 4×6 cm (3 rangkap)
  • Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU) maupun bukti pembayaran IMB terakhir
  • Denah atau peta lokasi outlet
  • Foto outlet (interior dan eksterior).
  • Memiliki tempat khusus untuk kantor agen J&T Express
  • Komputer dan printer
  • Timbangan digital minimal bisa menimbang 30 kg (biasanya disediakan oleh pihak J&T Express)

2. Sumber Daya Manusia

J&T Express menyaratkan Anda yang ingin membuka agen di suatu wilayah cabang untuk memiliki 1-2 karyawan. Anda dapat membuat rincian jobdesk sesuai dengan kemampuan masing-masing dan budget yang dimiliki.

Anda disarankan memiliki karyawan yang dapat mengoperasikan komputer. Ini penting karena berbagai data pengiriman dan penerimaan barang dilakukan secara online sehingga membutuhkan keahlian tersebut.

Selain itu, calon agen J&T Express juga harus merekrut karyawan yang disiplin. Sebab, bisnis yang bergelut dalam bidang ekspedisi biasanya membutuhkan kedisiplinan serta tepat waktu.

3. Sistem Pembayaran

Sistem pembayaran agen J&T dilakukan secara tunai, bukan lewat ATM bank ataupun transfer. Tapi untuk pembayaran paket keagenan bisa dilakukan dengan transfer ATM atau menggunakan internet banking.

4. Syarat Lokasi dan Infrastruktur

Lokasi untuk agen minimal bisa diakses menggunakan kendaraan roda 4 secara mudah. Termasuk di dalamnya memiliki parkiran yang luas sehingga kendaraan seperti mobil bisa parkir di depan kantor agen J&T Express tanpa mengganggu pengguna jalan.

Siapkan pula kursi dan meja untuk pelanggan supaya mereka bisa duduk santai serta menunggu giliran tiba menuju customer service. Jangan lupa, siapkan spanduk dan letakkan ke tiang untuk papan nama J&T Express.

Cara Daftar Menjadi Agen J&T

Bila Anda benar-benar ingin menjadi seorang agen J&T, Anda haruslah mengikuti seluruh rangkaian prosedur yang telah ditetapkan. Berikut cara daftar menjadi agen J&T secara lengkap.

1. Pilih Paket Keagenan

Sebelum cara daftar menjadi agen J&T Express, Anda harus lebih dulu memilih paket keagenan. Modal atau biaya awal menjadi agen adalah Rp 10-20 juta dan pembayarannya bisa dilakukan ke rekening atas nama J&T Express.

2. Hubungi J&T Express Provinsi

Jika sudah ada pembukaan pendaftaran agen, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing cabang provinsi. Termasuk di dalamnya penempatan wilayah apabila mereka sudah menentukan titik lokasi kantor agen J&T Express yang baru.

Bila Anda berminat daftar menjadi agen J&T Express di provinsi Anda, Anda harus menghubungi mereka terlebih dahulu. Untuk mengetahui alamatnya bisa dilihat di https://jet.co.id/finddroppoint.

3. Penuhi Syarat Pendaftaran

Syarat-syarat sudah dijelaskan di atas, dan semuanya harus dipenuhi oleh calon mitra atau agen. Bila Anda benar-benar serius menjadi mitra dan ingin berbisnis atas nama J&T Express, Anda tidak boleh melewatkan satupun syarat.

Tidak cuma persyaratan administrasi saja, melainkan persyaratan lokasi, fasilitas, SDM, dan lainnya yang diminta oleh pihak J&T Express harus dipenuhi. Biasanya mereka juga akan mengadakan survei lokasi secara langsung.

4. Mendaftar Agen

Cara daftar agen J&T Express dilanjutkan dengan mendatangi kantor cabang dan menemui pihak pengelola yang mengurus pendaftaran agen. Di sana, Anda bisa langsung mengikuti arahan atau prosedur yang sudah disiapkan.

Bila calon agen dianggap lolos tahap administrasi, mereka akan melakukan program pelatihan khusus yang diberikan oleh J&T Express. Untuk menjadi agen memang harus dilakukan secara offline, belum bisa online.

5. Menghubungi J&T Express

Bila ada pertanyaan lebih lanjut, Anda bisa menghubungi pihak J&T Express pada kontak, nomor telepon, WhatsApp, email, atau sosial media di bawah ini.

  • Kantor Pusat J&T Express Jakarta
  • Landmark Pluit unit B1 lantai 8,9,10
  • Jalan Pluit Selatan Raya, Jakarta Utara, 14450, Indonesia
  • Telepon : 0800-100-1188
  • Call Center/WhatsApp: 021-8066-1888/0811-8466-188
  • Email: jntcare@jet.co.id
  • twitter: @jntexpressid

Keuntungan Menjadi Agen J&T Express

Ada banyak sekali keuntungan menjadi agen atau mitra J&T Express. Di antaranya sebagai berikut.

1. Jasa Ekspedisi Terpercaya

J&T Express merupakan perusahaan jasa ekspedisi terpercaya yang memiliki kredibilitas baik. Ini tentu menjadi keuntungan utama bila Anda mendaftar menjadi agen J&T. Selain itu J&T Express juga tidak membuka keagenan secara umum.

Jika Anda terpilih menjadi agen J&T Express, maka Anda adalah agen yang diandalkan dan memiliki kualitas baik dalam melayani pelanggan. Ini juga bisa menjadi kebanggaan tersendiri karena tidak semua orang diberi kesempatan sama.

2. Penghasilan Tambahan

Menjadi agen merupakan cara memperoleh penghasilan tambahan atau bahkan utama. Tidak sedikit juga yang menjadikan agen kemitraan sebagai cara untuk mencari nafkah yang halal dan menguntungkan.

Hal tersebut tidak lain karena dengan menjadi mitra J&T Express, Anda akan mendapatkan komisi menarik dari perusahaan pusat. Estimasi keuntungan menjadi agen J&T Express adalah omset kurang lebih 20% dari nilai pendapatan total.

3. Tidak Perlu Promosi

Dengan maraknya bisnis online di masa kini, nama ekspedisi J&T Express makin terdongkrak. Apalagi perusahaan itu sudah bekerja sama dengan banyak e-commerce atau marketplace untuk meningkatkan transkasi pengiriman barang atau dokumen.

Dari tahun ke tahun, perkembangan J&T Express juga semakin pesat, semakin menyebar luas di seluruh Indonesia. Maka tidak heran bila Anda ketika menjadi agen J&T Express, konsumen yang akan mendatangi Anda sehingga tidak perlu promosi.

4. Harga Khusus

Sebagai agen yang bergabung dengan J&T Express, ternyata Anda memperoleh keuntungan harga spesial dalam program kemitraan. Bila di wilayah Anda belum ada agen J&T Express, hal ini bisa menjadi kesempatan besar.

Tapi Anda harus memperhatikan mengenai potensi akan kebutuhan jasa pengiriman dan logistik di wilayah Anda. Sebab komisi dan penghasilan akan sangat bergantung dari berapa banyak dan cepatnya Anda bisa menampung pengiriman tiap harinya.

Akhir Kata

Mungkin itulah sedikit pembahasan dari kami mengenai cara mendaftar agen j&t. Mudah-mudahan informasi di atas bisa membuat Anda lebih paham bagaimana cara daftar dan menjadi agen.