Cara Daftar Agen Gas Elpiji 3kg

Batjokes.com – Cara daftar agen gas elpiji 3kg. Setiap hari masyarakat membutuhkan makanan untuk hidup, dan guna memenuhi kebutuhan tersebut mereka harus memasak.

Memasak tidak hanya membutuhkan bahan makanan dan minyak goreng saja. Melainkan juga membutuhkan api yang pada masa kini bisa dipenuhi dengan adanya gas elpiji (LPG) 3 kg, 5kg, atau 12 kg.

Gas tersebut bisa didapatkan di warung-warung dengan harga murah. Tentunya, bila Anda ingin menjadi agen gas LPG, haruslah bermitra resmi dengan pihak Pertamina agar bisa mendapatkan harga yang murah.

Sedikit berbeda jika ingin menjadi agen gas elpiji 3kg dibanding menjadi agen minyak goreng. Ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi, bila ingin mengetahuinya simak artikel ini sampai habis.

Pengertian Agen Gas LPG

Agen gas elpiji 3 kg atau LPG PSO adalah jaringan distribusi Pertamina yang melakukan kegiatan pemasaran LPG bersubsidi 3 kg kepada masyarakat. Pemasaran gas dengan jumlah tertentu didasarkan dari kuota yang diberikan oleh pemerintah.

Sementara untuk sub agen LPG yang mungkin pernah kita dengar adalah mitra yang mendapatkan izin sub agen (pangkalan) elpiji. Izin tersebut merupakan izin yang wajib dimiliki untuk melaksaknakan penyimpanan dan penyaluran gas LPG eceran kepada masyarakat.

Untuk menjadi pangkalan gas diharuskan memiliki sebuah usaha berbadan hukum yang jelas. Tugas sub agen nantinya adalah menyalurkan gas LPG ke tangan pengecer, seperti warung, toko sembako, toko kelontong, dan sebagainya.

Sebagai agen, perusahaan harus bisa menjual minimal 1.000 kg dalam satu hari, artinya, minimal pengusaha harus menjual sebanyak 334 gas LPG per hari. Selain itu, modal juga harus disiapkan kurang lebih Rp 100 juta untuk menjadi agen.

Macam-macam Usaha Gas Elpiji

Ada beberapa macam usaha gas elpiji yang ditawarkan oleh Pertamina. Di antaranya sebagai berikut.

1. Pengecer

Pengecer adalah mitra yang memiliki modal kecil, dan cara ini bisa dilakukan oleh siapapun. Mereka mendapatkan pasokan gas dari pangkalan atau sub agen, kemudian menyalurkannya ke tangan konsumen.

Kelebihan seseorang menjadi pengecer adalah tidak ada syarat khusus atau tidak sebagaimana usaha pangalan maupun agen utama. Jadi, bisa dikatakan bahwa untuk menjadi pengecer gas elpiji 3kg lebih mudah.

2. Pangkalan

Bila Anda memiliki modal uang dalam jumlah sedang, menjadi sub agen gas atau pangkalan merupakan jalan yang bisa dipilih. Untuk menjadi pangkalan gas elpiji, Anda harus memiliki usaha berbadan hukum yang jelas.

Tugas sub agen adalah menyalurkan elpiji ke pengecer, termasuk warung, toko, restoran, tempat makan, dan hotel. Pangkalan gas memperoleh pasokan LPG dari agen utama dengan penjualan kurang dari 1 ton per hari.

3. Keagenan

Terakhir adalah agen gas elpiji, yang cocok diperuntukkan bila Anda memiliki modal usaha yang cukup besar dan bisa memulai usaha ini untuk mendapatkan keuntungan yang berlimpah. Usaha agen gas atau agen utama memang jarang sekali memiliki pesaing.

Syarat dan Ketentuan

Simak terlebih dahulu beberapa syarat dan ketentuan dalam melakukan pendaftaran menjadi agen gas elpiji 3kg resmi Pertamina. Mulai dari syarat umum, dokumen, dan formulir registrasi.

1. Syarat Umum

  • Mempunyai perusahaan yang berbadan hukum.
  • Ada dua jenis pemohon agen elpiji 3kg, pertama adalah eks agen minyak tanah bersubsidi, edua yaitu non-eks agen minyak tanah bersubsidi.
  • Langkah pertama yang harus dilakukan ketika Anda akan mengajukan permohonan adalah dengan mengisi formulir.
  • Data yang Anda isikan ke dalam formulir registrasi agen gas Pertamina tersebut tak bisa direvisi, pastikan Anda mengisinya dengan lengkap dan benar.
  • Jika mendaftar dengan cara online, pakailah email asli yang masih aktif dan ingat selalu password atau kata sandi yang Anda gunakan.
  • Email harus aktif karena akan dipakai sebagai media untuk mengirimkan kode verifikasi registrasi dan info keagenan di masa depan.
  • Sebagai agen gas LPG, perusahaan Anda harus mampu menjual gas Elpiji 3kg minimal sebanyak 1.000 kg dalam satu hari atau sekitar 334 unit gas LPG 3kg.

2. Formulir

  • Alamat email yang masih aktif
  • Kata sandi yang unik dan mudah diingat dan tidak dilupakan
  • Nama perusahaan Anda yang akan dijadikan sebagai agen gas elpiji kg
  • Alamat lengkap perusahaan asli
  • Nomor telepon perusahaan asli
  • Alamat gudang yang akan digunakan untuk menyimpan stok tabung gas

3. Dokumen

  • Khusus untuk perusahaan yang bukan eks agen minyak tanah bersubsidi harus melampirkan Akta Pendirian Usaha (APU).
  • Melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) pimpinan atau direktur perusahaan sesuai yang tertera dalam Akta Pendirian Usaha.
  • Menyertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perusahaan
  • Khusus untuk perusahaan yang termasuk ke dalam eks perusahaan
  • Plan atau rencana area pemasaran
  • Surat keterangan yang menyatakan kesanggupan untuk membeli tabung gas elpiji 3kg sebanyak 10.000 unit, khusus bagi perusahaan eks agen resmi minyak tanah Pertamina.
  • Surat pernyataan kesediaan mematuhi seluruh peraturan pemerintah daerah setempat.

Cara Daftar Menjadi Agen Gas Elpiji 3Kg

Berikut langkah-langkah registrasi dan cara daftar menjadi agen gas elpiji 3kg yang resmi di Pertamina. Silahkan simak prosedurnya secara lengkap, jangan sampai salah karena akan berakibat fatal.

1. Buka website Resmi Pertamina

Kunjungi website https://spbu.pertamina.com/registration/domesticgas.html. Jika sudah membuka situs resmi Pertamina tersebut, lalu klik “Daftar Sekarang” pada tab “Keagenan LPG”.

2. Pilih Tipe Keagenan

Ada dua pilihan agen yaitu Keagenan LPG PSO (khusus LPG bersubsidi) dan Keagenan LPG Non PSO (LPG tidak bersubsidi). Jika Anda ingin mendaftar menjadi agen gas elpiji 3kg, Anda bisa pilih LPG PSO yang bersubsidi.

3. Tentukan Lokasi Bisnis

Cara daftar agen elpiji 3kg dilanjutkan dengan memilih lokasi yang sesuai dengan alamat perusahaan Anda. Lokasi bisnis haruslah jelas, terang, dan mudah diakses menggunakan kendaraan besar seperti truk angkutan gas LPG, sehingga proses bisnis ke depannya tidak akan terjadi kendala.

4. Lampirkan Dokumen

Setelah itu, Anda akan diminta untuk melampirkan beberapa dokumen, sebagai berikut.

  • Surat perjanjian kerja sama
  • Izin Pendirian Usaha
  • Izin Gangguan
  • Tanda Daftar Perusahaan
  • Rekomendasi
  • Kartu Tanda Penduduk

Jika Anda sudah selesai melakukan pendaftaran, Pertamina akan melakukan penyaringan dan survei untuk mendapatkan agen yang sesuai. terdapat dua faktor penting yang sangat mempengaruhi diterimanya permohonan Anda, yaitu lokasi usaha dan keuangan perusahaan.

Mengenai lokasi usaha, sebenarnya menjadi agen LPG bisa jadi peluang usaha rumahan. Anda bisa memanfaatkan tanah kosong di rumah Anda sebagai lokasi bisnis, tapi ingat bahwa Pertamina juga memiliki regulasi mengenai lokasi usaha.

Modal Awal Daftar Jadi Agen Elpiji

Apakah dengan modal kecil bisa menjadi agen gasl elpiji Pertamina? Sebenarnya bisa, solusinya adalah mengajukan permohonan untuk menjadi sub agen gas elpiji 3kg. Lantas, berapa sih modal yang dibutuhkan untuk itu?

Jika dihitung, harga satu tabung elpiji 3kg adalah Rp 120 ribu, sedangkan tabung yang sudah ada isi gasnya adalah Rp 150 ribu. Asumsikan Anda memulai usaha dengan beli tabung gas dan isinya sebanyak 200 unit, artinya Anda perlu modal Rp 30 juta.

Untuk mempermudah distribusi, Anda bisa beli mobil bak terbuka bekas yang kondisinya masih bagus. Perkiraan harganya Rp 70 juta. Anda juga perlu sebuah kantor kecil dan gudang untuk menyimpan seluruh gas elpiji, bisa menyewa ruko dengan harga Rp 30 juta.

Sementara untuk menjalankan usaha, Anda perlu menyediakan modal operasional. Bila dalam satu bulan Anda membutuhkan Rp 2 juta untuk membayar listrik, air, dan lain-lain, artinya Anda butuh Rp 24 juta dalam satu tahun. Tidak lupa, belilah Alat Pemadam Api Ringan (APAR) untuk berjaga-jaga. Dua buah APAR dapat dibeli dengan harga Rp 1 juta.

Dari rincian di atas, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa total modal yang Anda butuhkan yaitu Rp 133 juta.

Harga Jual Gas Elpiji 3kg

Bila Anda mendapatkan transaksi sampai 30 tabung gas dalam sehari, Anda bisa mendapatkan omzet Rp 465.000 dengan harga jual tabung gas Rp 15,5 ribu. Dalam satu bulan, Anda bisa memperoleh Rp 13.950.000.

Akhir Kata

Mungkin itulah sedikit pembahasan dari kami mengenai cara mendaftar agen gas elpiji 3kg. Semoga penjelasan yang sudah dipaparkan bisa membuat Anda lebih paham mengenai prosedur pendaftarannya.