Cara Daftar Agen BRILink

Batjokes.com – Cara daftar agen BRILink. Bagi nasabah Bank BRI, khususnya yang tinggal di pelosok negeri dan jauh dari fasilitas kantor cabang maupun ATM BRI, pasti sudah tidak asing lagi dengan BRILink.

Bahkan mungkin dalam satu desa, kecamatan, atau pasar, terdapat lebih dari satu agen BRILink yang siap melayani masyarakat Indonesia. Mulai dari melakukan transfer, tarik tunai, setor tunai, dan lainnya.

Bila Anda memiliki otak bisnis, tentu saja keberadaan agen BRILink sangatlah menguntungkan. Dengan menjadi agen BRILink, apalagi di daerah yang belum banyak agen semacam itu, pekerjaan ini bisa membuahkan hasil maksimal.

Jika ditengok, sebenarnya konsep BRILink sama atau hampir mirip dengan agen Bank Mandiri. Dalam pendaftarannya, ada cara, prosedur, syarat, dan ketentuan yang harus diperhatikan pelamar.

Pengertian Agen BRILink

Agen BRILink merupakan layanan perbankan tanpa kantor yang menjadi inisiasi Bank Rakyat Indonesia (BRI). Layanan tersebut diberikan kepada masyarakat agar proses transaksi perbankan bisa lebih efisien dan hemat waktu.

Cukup dengan menggunakanEDC (Electronic Data Capture) BRI maupun aplikasi BRILink Mobile, seorang agen BRILink bisa melakukan berbagai transaksi perbankan. Bahkan termasuk beli pulsa elektronik atau token listrik.

Cara kerja BRILink yaitu kerja sama kemitraan antara agen dengan pihak BRI. Pihak BRI nanti akan memberikan mesin EDC sebagai mini ATM yang menunya hampir sama seperti ATM BRI agar agen bisa melayani transaksi nasabah di mana saja.

Bisa dikatakan juga bahwa BRILink merupakan sebuah sistem pembayaran yang multiguna, nasabah Bank BRI bisa bertransaksi dengan mudah memakai mesin EDC atau electronic data capture. Mesin tersebut dipakai untuk menghubungkan kartu ATM BRI dengan transaksi perbankan BRI.

Biasanya, BRILink akan menetapkan biaya paling murah Rp 5.000 untuk setiap transaksi transfer antar-rekening, namun kadang ada juga yang mematok harga sedikit lebih tinggi. Sementara untuk transaksi lainnya, biaya layanan bisa disesuaikan kembali.

Keuntungan Jadi Agen BRILink

Dengan terus meningkatkan transaksi sebagai agen BRILink, maka Anda akan mendapatkan berbagai macam keuntungan. Salah satunya dibuktikan dari sudah banyak agen merasakan profit sampai jutaan rupiah per bulan dari usaha yang mereka jalankan.

Tapi tidak hanya berupa keuntungan saja, agen BRILink jgua mendapatkan asuransi yang memproteksi agen atas kecelakaan ataupun kebakaran tempat usaha yang merangkap tempat tinggal.

Adapun nilai pertanggungan kecelakaan diri sebagai agen BRILink meliputi pertanggungan atas cacat tetap sebesar 2,5 juta, tunjangan pendidikan dan santunan pendapatan sebesar 1 juta, santunan duka Rp 500 ribu, serta yang terakhir adalah asuransi kebakaran sebesar 25 Juta.

Kekurangan Menjadi Agen BRILink

Untuk menjadi agen, sebenarnya tidak ada kerugian yang bisa diperoleh jika target transaksi harian terus dilakukan. Namun untuk aktivitas bisnis yang lebih baik, maka ada beberapa hal yang perlu diantisipasi.

Ada sejumlah dana yang dibekukan sebagai jaminan mesin EDC. Dana itu diperlukan sebesar Rp 3 juta jika memiliki rekening tabungan, tapi tidak memiliki rekening pinjaman. Lalu Rp 500 ribu jika Anda memiliki rekening pinjaman di BRI. Selama menjadi agen, dana itu akan ditahan dan dicairkan kembali jika sudah tidak menjadi agen lagi.

BRILink sama seperti usaha lainnya, membutuhkan modal supaya tetap berjalan. Dengan demikian Anda disarankan mempersiapkan sejumlah dana sebagai modal. Jangan salah paham bahwa Bank BRI akan menyediakan dana untuk Anda. Bank BRI cuma akan menyerahkan mesin EDC kepada kita.

BRI menetapkan target transaksi kepada para agennya, mereka menetapkan minimal ada 200 transaksi per bulan, jika kurang maka akan dikenakan penalti. Target transkasi ini diberlakukan setelah melewati grance period selama 6 bulan.

Syarat dan Ketentuan Daftar Agen BRILink

Sebelum masuk ke pembahasan utama, lebih baik simak dulu syarat dan ketentuan menjadi agen BRILink selengkapnya. Berikut hal-hal penting yang perlu diperhatikan.

  • Warga Negara Indonesia.
  • Sudah menjadi nasabah Bank BRI
  • Berdomisili di wilayah yang sama dengan Kantor Wilayah tempat mengajukan permohonan.
  • Jika anda tinggal di Jakarta, Anda dapat mendaftarkan diri di Kantor Wilayah Bank BRI di Jakarta.
  • Demikian jika anda tinggal di Bandung, anda harus mendaftarkan diri ke Kantor Wilayah BRI yang mengurusi Bandung.
  • Apabila anda bingung dimana kantor Wilayah Bank BRI di daerah masing-masing, silahkan tanyakan saja di kantor bank BRI yang terdekat dengan tempat tinggal.
  • Mempunyai usaha yang sudah berjalan setidaknya selama 1 tahun.
  • Memiliki Surat Izin Usaha
  • Status tempat usaha merupakan Milik Sendiri. Jika anda menyewa Toko, lama waktu sewa yang sudah anda ambil aminimal selama satu tahun, jika kurang dari setahun, anda harus melampirkan surat perpanjangan sewa.
  • Mengisi formulir permohonan sekaligus menandatangani Surat Perjanjian
  • Memiliki Rekening serta ATM BRI yang diisi sejumlah saldo yang dapat anda gunakan untuk melakukan transaksi.
  • Transaksi Agen BRILink dapat dilakukan melalui mesin EDC (Electronic Data Capture) tapi saat ini juga dapat dilakukan lewat aplikasi BRI Mobile.

1. Modal Awal Daftar BRILink

Ada modal menjadi agen BRILink yang harus disiapkan untuk bisa resmi menjadi mitra. Modal tersebut digunakan untuk membeli mesin EDC mini ATM BRI yang akan dip[akai untuk bertransaksi, yaitu Rp 3 juta.

Selain itu kita juga harus mempersiapkan saldo yang cukup untuk bertransaksi, sehingga bisa memenuhi permintaan pelanggan. Anggap saja kita perlu sediakan dana Rp 3 juta, jadi total modal awalnya adalah Rp 6 juta.

2. Komisi Agen BRILink

Supaya bisa balik modal dari membeli mesin EDC, kita perlu mencapai 600 transaksi jika margin keuntungannya Rp 5 ribu. Atau 300 transaksi jika margin keuntungannya Rp 10 ribu, dengan rumus sebagai berikut.

  • Modal awal mesin EDC Rp 3.000.000 / Rp 5.000 = 600 transaksi
  • Modal awal mesin EDC Rp 3.000.000 / Rp 10.000 = 300 transaksi

Jika dikejar dalam sebulan, kita harus bisa mendapatkan 20 transaksi per hari. Namun itu bukanlah hal mustahil, bahkan bisa tergolong besar kesempatannya jika kita memiliki pasar yang luas.

Cara Daftar Menjadi Agen BRILink

Setiap pendaftaran atau registrasi yang dilakukan memerlukan tahapan yang harus dilewati, tak terkecuali jika Anda ingin menjadi agen BRILink. Bagaimana cara daftar menjadi agen BRILink? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Prosedur Daftar Agen BRILink

  • Menyetorkan data fotokopi dokumen identitas pemilik/pengurus berupa KTP dan NPWP.
  • Melengkapi seluruh fotokopi bukti kepemilikan rekening Bank BRI pribadi, meliputi buku tabungan maupun rekening koran.
  • Memberikan dokumen fotokopi dokumen legalitas usaha, termasuk di antaranya adalah surat keterangan usaha minimal dari RT/RW, atau SIUP, SITU, TDP (diperuntukkan bagi agen berbadan usaha), akta pendirian (bagi agen usaha berbadan hukum), dan izin usaha lainnya.
  • Sedangkan untuk individu, fotokopi SK pengangkatan pegawai tetap/SK pensiunan.
  • Melengkapi dokumen serta mengisi formulir pengajuan Agen BRILink sekaligus perjanjian kerja sama BRILink.
  • Mengajukan seluruh kelengkapan dokumen ke unit kerja Bank BRI terdekat di wilayah Anda (Bisa di Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, BRI Unit).

2. Transaksi BRILink

Adapun layanan transaksi keuangan yang ditawarkan oleh Agen BRILink dan harus dilakukan dengan baik, antara lain:

  • Layanan Keuangan Digital (LKD). Agen BRILink dapat melakukan pelayanan transaksi perbankan seperti setor tunai dan tarik tunai, dan juga top up BRIZZI.
  • Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai). Agen BRILink juga menyediakan layanan perbankan meski tidak harus jauh-jauh datang ke bank antara lain. Layanan ini meliputi referral pembukaan tabungan BSA, referral pembiayaan kredit mikro, pembelian produk asuransi mikro (AMKKM), serta pembayaran tagihan seperti air, listrik, pajak dan zakat.
  • Mini ATM BRI. Agen BRILink harus bisa melakukan transaksi keuangan nontunai para nasabah BRI seperti yang terdapat pada mesin ATM. Transaksi yang dimaksud antara lain transfer, pembayaran BPJS, cicilan pinjaman, pembelian pulsa, top up e-wallet (GoPay, OVO, LinkAja, DANA, dan lainnya).

Akhir Kata

Mungkin itulah sedikit pembahasan dari kami mengenai cara mendaftar agen brilink. Apabila ada kendala pada saat proses daftar agen, Anda bisa menghubungi pihak Bank BRI untuk informasi lebih lanjut.