Agen AliExpress

Batjokes.com – Agen AliExpress. Mungkin masih ada yang belum paham apa itu agen Aliexpress, yang kita tahu Aliexpress adalah salah satu e-commerce terbesar yang ada di dunia.

Produk dan konsumennya juga sudah sangat banyak, tersebar luas di seluruh dunia. Sehingga tidak heran bila kita akan dengan sangat mudah memasarkan produk menggunakan Aliexpress.

Pada dasarnya menjadi agen Aliexpress berbeda dengan agen Pegadaian. Tidak ada syarat dan ketentuan yang diperlukan, karena sistem kerjanya sama seperti menjadi reseller atau distributor.

Mungkin untuk lebih jelasnya akan kita bahas soal pengertian dan cra menjadi agen Aliexpress. Berikut informasi lengkapnya tentang pengertian, cara kerja, dan keuntungan menjadi agen Aliexpress.

Pengertian Agen Aliexpress

Agen Aliexpress bisa dikatakan juga sebagai reseller produk fisik atau digital di Aliexpress. Mereka mendapatkan pasokan produk dari Aliexpress, kemudian menjualnya kembali di platform tersebut atau platform lainnya.

Sistem keagenan di Aliexpress tidaklah resmi, artinya tidak ada kontrak kerja sama antara Aliexpress dengan agen atau mitra. Status agen adalah seller atau penjual biasa yang bisa dimiliki dengan cara membuat akun.

Sehingga bisa dikatakan juga bahwa agen Aliexpress juga merupakan dropshipper, yaitu bertugas melakukan pemasaran dan menjual barang kepada pihak lain. Agen ini tidak membutuhkan modal dan bisa dikerjakan dari rumah saja.

Cara menjadi agen Aliexpress tidaklah berbeda dengan cara daftar agen Tokopedia atau cara daftar agen Lazada. Sama-sama mendaftar menjadi seller kemudian memasang katalog produk milik suplier untuk ditunjukkan kepada konsumen.

Cara Kerja Agen Aliexpress

Cara kerja menjadi agen Aliexpress untuk dropship ke Shopee, Lazada, Tokopedia, dan sebagainya cukup mudah dilakukan. Anda tinggal beli produk dari pemasok di Aliexpress, kemudian jual ke platform lainnya.

Setelah itu Anda tinggal menunggu ada pesanan masuk ke keranjang Anda. Bila ada pesanan masuk, Anda tinggal order di Aliexpress dan tujukan ke alamat pembeli serta jangan lupa cantumkan nomor hp mereka.

Untuk lebih jelasnya, berikut tahapan-tahapan yang harus dilakukan bila ingin jadi agen Aliexpress. Silahkan simak di bawah berikut ini.

1. Pilih Kategori Jualan

Pertama, Anda harus memilih jenis produk yang ingin dijual. Anda perlu menentukan apa yang akan Anda pasarkan di toko online, karena di Aliexpress ada jutaan produk yang bisa dipilih dan idealnya Anda menjual produk yang laris di pasaran dan sesuai hobi.

2. Pilih Suplier Terpercaya

Setelah itu Anda perlu menentukan suplier terpercaya. Tugas ini cukup berat untuk pemula, namun ada beberapa kriteria yang bisa jadi bahan pertimbangan, yaitu:

  • Pilih harga produk termurah
  • Lihat ulasan dari pengguna
  • Simak peringkat toko yang ingin dijadikan pemasok
  • Lihat metode pengiriman barang yang tersedia di toko suplier
  • Perhatikan respon suplier, pastikan mereka fast respons

Pertanyaan utama yang harus Anda tanyakan kepada suplier adalah sebagai berikut.

  • Berapa harga akhirnya?
  • Apakah Anda menawarkan sampel?
  • Apakah Anda punya referensi?
  • Berapa lama untuk menerima pesanan saya?
  • Apa kuantitas pesanan minimum?
  • Berapa biayanya untuk mengirimkan produk?

3. Siapkan Toko Dropship Anda

Setelah memilih produk dan suplier, saatnya Anda mengatur toko dropship sendiri, contohnya di Spotify, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, BliBli, dan lainnya. Anda bisa memilih platform dan mulai membangun toko Anda dengan membuat daftar produk.

4. Promosikan Bisnis

Langkah berikutnya Anda tinggal melakukan promosi bisnis Anda, bisa secara personal ke teman-teman dekat terlebih dahulu atau secara berbayar. Anda dapat menggunakan fitur Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads, TikTok Ads, dan sebagainya untuk membantu mempromosikan bisnis.

5. Siapkan Alat Pembayaran

Anda harus dapat membayar kepada suplier di Aliexpress. Cara paling umum adalah menyiapkan kartu kredit, tapi selain itu Anda juga bisa menggunakan alat pembayaran lain seperti Visa, MasterCard, American Express, atau Maestro.

6. Tentukan Metode Pengiriman

Sebagai dropshipper, Anda harus menentukan metode pengiriman untuk kirim produk kepada pelanggan. Semakin cepat maka semakin baik, dan di Aliexpress ada dua metode pengiriman utama, yaitu Standar AliExpress dan Premium AliExpress.

Keuntungan Menjadi Mitra Aliexpress

Keuntungan belanja, menjadi mitra atau agen di Aliexpress sangatlah banyak. Sebab di dalamnya ada banyak penawaran barang yang inovatif dan kreatif serta tidak ditemukan di suplier lokal.

Harga yang mereka tawarkan juga bersifat bersaing, artinya lebih ekonomis dan bisa dengan mudah diperkirakan rata-ratanya. Banyak juga barang yang dijual dalam jumlah banyak sehingga akan bisa dibeli dengan harga lebih murah.

Kebanyakan barang yang dijual juga menggunakan fasilitas free shipping atau gratis biaya pengiriman. Lebih kerennya, barang yang dikirim itu menggunakan tracking number. Sehingga kita bisa melacaknya dengan mudah.

Tidak hanya itu, Aliexpress juga menyediakan banyak sekali metode pembayaran untuk setiap transaksi produk. Seperti menggunakan artu kredit, kartu debit, Western Union, Transfer Bank, Allipay, dan masih banyak lagi.

Metode komunikasi yang diadakan juga lengkap jika dibanding situs jual beli lainnya. Pada Aliexpress terdapat fasilitas messange untuk kirim pesan dan chat untuk berbicara kepada penjual atau customer service.

Akhir Kata

Cukup sampai di sini terlebih dahulu pembahasan dari kami mengenai pengertian agen aliexpress. Semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat khususnya bagi Anda yang ingin jadi mitra Aliexpress.